Cara Menggunakan Face Unlock di Android Terbaru 2018

Kini teknologi semakin canggih dan berkembang. Dunia modern sepertinya tidak pernah puas untuk memanjakan kebutuhan manusia, termasuk dalam hal gadget. Ada fitur keamanan yang disebut Face Unlock. Fitur ini memungkinkan pengguna ponsel android untuk membuka screen lock dengan fitur pengenalan wajah. Cara Menggunakan Face Unlock di Android Terbaru 2018 tidaklah sulit dan akan dibahas disini. Fitur ini sudah diperkenalkan android sejak lama.

Android merupakan pelopor sistem pengenalan wajah ini bahkan sebelum para pesaingnya mulai mempopulerkannya. Android sudah memperkenalkan fitur ini pada masa Android 4.0 atau yang disebut juga dengan android Ice Cream Sandwich. Jadi jika kamu berfikir bahwa Microsoft atau Apple sebagai pelopor fitur ini rasanya kurang tepat karena android telah lebih dulu berinovasi dengan fitur ini. Sekarang ini, semua ponsel dengan OS berbasis Android memiliki fitur pengenalan wajah seperti ini. Berikut Cara Menggunakan Face Unlock di Android Terbaru 2018:

Cara Menggunakan Face Unlock di Android

1. Buka menu Setting di ponsel android kamu.

2. Selanjutnya pilih menu Security & Location.

3. Kemudian pilih Smart Lock

4. Lalu pilih menu Trusted Face

5. Selanjutnya kamu hanya tinggal mengikuti instruksi dimana kamu akan diharuskan untuk menghadapkan wajah ke kamera.

6. Ponsel akan melakukan proses scanning atau identifikasi wajah, kemudian mengonfirmasinya.

7. Jika sudah selesai, maka kamu tinggal simpan pengaturan dan coba sendiri fitur tersebut.

Selain dengan cara diatas, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa menikmati fitur pengenalan wajah. Namun karena semua android, terutama versi 4.0 keatas sudah disematkan fitur Face Unlock maka rasanya tidak perlu lagi untuk mendownload dan menginstal aplikasi tambahan. Menggunakan fitur yang ada sudah bisa diandalkan.

Kelebihan fitur pengenalan wajah atau Face Unlock pada ponsel android

Hampir tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh ponsel pintar. Para developer terus berinovasi mengembangkan fitur-fitur yang memuaskan para pengguna ponsel pintar. Terutama dalam masalah keamanan, developer mengembangkan fitur yang memungkinkan hanya pengguna ponsel yang bisa mengakses ponselnya. Salah satunya dengan adanya fitur Face Unlock dimana hanya wajah pemiliknya saja yang bisa digunakan untuk membuka screen yang terkunci. Kelebihannya apa saja?

1. Ponsel tidak mudah diakses orang lain dan tidak bisa diotak-atik dengan menebak password atau pattern. Terkadang pattern atau password bisa ditebak sehingga orang lain bisa mengaksesnya. Dengan Face Unlock, hal tersebut tidak akan bisa dilakukan.

2. Tidak perlu repot-repot membuka layar ponsel karena layar akan terbuka secara otomatis ketika mengenali wajah yang teridentifikasi. Saat tangan repot tidak bisa menggambar patter atau memasukkan password untuk membuka ponsel, maka fitur Face Unlock ini akan sangat membantu.

Baca juga : Download Aplikasi FaceApp Untuk Merubah Wajah

Namun ada juga kekurangan dari fitur ini yakni bisa saja ponsel tetap bisa terbuka ketika ada saudara atau orang yang mirip dengan pengguna ponsel mencoba untuk mengakses ponsel tersebut. Selain itu, perlu diperhatikan pula apakah fitur face unlock yang dimiliki memiliki tingkat keamanan yang tinggi atau tidak. Ini karena bisa saja fitur tersebut dibodohi dengan foto. Misalnya orang lain menggunakan foto pengguna ponsel untuk bisa membuka kunci layar. Jadi, harus tetap berhati-hati menggunakan fitur-fitur modern sekalipun menggiurkan. Pastikan untuk memberikan proteksi maksimal pada ponsel android kamu untuk menjaga privasi. Itulah Cara Menggunakan Face Unlock di Android Terbaru 2018. Selamat mencoba!

Cara Menggunakan Face Unlock di Android Terbaru 2018 | admin | 4.5