Cara Kompres Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Memperkecil Ukuran Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitas-Smartphone Android sudah menjadi perangkat multifungsi. Kamu dapat mengambil gambar dan merekam video secara langsung lalu upload ke Youtube atau media sosial. Namun, video yang diambil dari kamera beresolusi tinggi akan menghasilkan ukuran file yang besar. Meskipun kapasitas penyimpanan kamu cukup, ukuran lebih kecil lebih menjadi pilihan karena bisa untuk menyimpan file lain. Bagaimana cara kompres video di Android tanpa mengurangi kualitas? Untuk pembahasan lebih lanjut, simak ulasan berikut ini

Selain file video hasil rekaman pribadi, kamu juga ingin file lain lebih kecil. Sebagai contoh, kamu suka nonton film atau anime hasil download. Namun, filenya besar dan butuh dilakukan kompres supaya lebih hemat kapasitas. Ini juga menjadi alasan lain mengapa banyak pemilik smartphone Android berusaha mencari cara tepat untuk menurunkan ukuran file. Walaupun file telah dilakukan compress, kualitas video masih tetap sama. Kamu masih dapat menonton video kualitas HD setelah proses kompres berakhir.

cara kompress video tanpa mengurangi kualitas

Trik Kompres Ukuran Video Tanpa Menurunkan Kualitas Video di Android

Sebelum membahas tentang compress video, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mengubah ukuran file di video berhubungan dengan banyak hal. Ukuran lebih kecil berarti ada bagian yang dikurangi untuk lebih optimal. Contoh yang umum adalah fps, resolusi, serta tipe file. Daftar berikut akan menjadi gambaran bagaimana proses kompres berjalan sebelum kamu melakukan kompres itu sendiri.

  1. Ukuran file dan kepadatan pixel

Ukuran file mempengaruhi proses kompres. Kamu punya video 10 menit dengan ukuran 500MB berarti 1 menit butuh 50MB. Angka ini bahkan lebih besar jika kamera kamu beresolusi lebih besar. Ukurannya dirasa sangat besar sehingga butuh untuk dioptimalkan dengan proses kompres. Video menggunakan pixel dan raw video hasil pengambilan gambar kepadatan pixel kadang tidak teratur. Proses kompres akan membantu untuk optimasi lebih lanjut.

  1. Resolusi

Yang sering di bahas ketika melakukan kompres adalah resolusi. Untuk smartphone, menonton dengan ukuran 720p sudah termasuk HD karena ukuran layar yang lebih kecil. Namun, ukuran 360p sebenarnya sudah cukup terutama untuk mayoritas smartphone Android dengan layar 5-6 inci. Kompres akan mengurangi resolusi tersebut sehingga optimal ketika dimainkan. Proses ini tidak lagi optimasi pixel tetapi menguranginya tanpa mengubah komposisi. Jadi seperti memotong kue. Kamu tetap memiliki video yang sama hanya lebih kecil tanpa mengurangi kualitas.

  1. Tipe file

Tipe file juga berpengaruh karena masing-masing tipe memiliki konfigurasi sendiri. File video yang umum adalah mp4. Namun, kamu akan menemukan beragam file seperti web video, avi, mkv, flv, dan lainnya. Dua video yang sama dengan tipe berbeda pasti ukuran file tidak sama secara mutlak, bahkan untuk mp4 dan mkv yang berasal dari tipe yang sama. Jadi, proses kompres juga dapat karena mengubah video dari satu tipe ke tipe lain.

  1. Spesifikasi perangkat

Terakhir sangat krusial ketika melakukan cara kompres video di Android tanpa mengurangi kualitas. Kecepatan dan hasil kompres tergantung spesifikasi perangkat yang kamu miliki. Untuk kompres video, kamu butuh perangkat yang punya GPU mumpuni serta dukungan RAM dan processor terbaru. Ingat, proses kompres memakan resource besar meskipun hanya untuk video berdurasi 1 menit.

Setelah mengetahui beberapa hal terkait kompres video di Android. Sekarang, kamu siap untuk mengaplikasikannya. Tentu saja, pastikan dulu spesifikasi dan kapasitas memori cukup. Prosesnya sederhana karena ada banyak aplikasi di Play Store.

Cara Memperkecil Ukuran Video di Android tanpa Mengurangi Kualitas

  1. Install aplikasi

Kamu buka Play Store, lalu gunakan tab search untuk mencari aplikasi untuk video compressor. Ada banyak pilihan dan kamu install yang memiliki rating tertinggi. Pada prinsipnya, semua aplikasi memiliki fitur dan proses yang mirip. Yang berbeda adalah support dan konfigurasi, termasuk interface aplikasi itu sendiri.

  1. Proses kompres

Buka aplikasi lalu masuk ke bagian kompres video. Fitur ini kadang dalam bentuk berbeda misalnya trim and cut, video converter, atau compress video. Setelah itu, kamu upload video ke aplikasi dan menentukan preferensi setting hasil keluarannya. Disinilah semuanya menjadi penting karena setting ini menentukan kualitas hasil akhir. Ada aplikasi yang hanya menyediakan kompres tanpa setting. Hasilnya memiliki resolusi sama, tetapi sudah lebih teratur. Tentu saja, perbedaan ukuran file tidak signifikan.

Sebaliknya, kamu dapat memilih tipe resolusi dan fps sehingga video menjadi lebih kecil. Pilihan yang tersedia umumnya 360p dan 240p. Ukuran lebih kecil dari 240p akan tampak pecah dan kabur gambarnya. Untuk pembanding, kamu coba buka Youtube dan memainkan video dengan berbagai resolusi. Paling ekcil adalah 144p dan gambar sangat kabur untuk smartphone dengan layar kurang dari 5 inci. Jadi, 360p pilihan tetap karena optimal dan 720p untuk tablet.

  1. Durasi kompres

Smartphone canggih untuk gaming akan melakukan kompres sekejap mata untuk 1 menit video. Sebaliknya, kamu butuh lebih lama lagi dengan smartphone keluaran lama bahkan hanya untuk video kurang dari 40 detik. Selama proses kompres, pastikan koneksi stabil dan tidak terputus di tengah jalan. Kamu harus mengulang dari awal lagi jika itu terjadi.

  1. Pengecekan hasil dan komparasi dengan file sebelumnya

Aplikasi akan menampilkan pilihan dimana kamu akan menyimpan hasilnya. Lebih disarankan untuk tetap di penyimpanan internal. Ada opsi untuk upload ke Youtube dan media lainnya. Namun, prosesnya lebih lama dan kamu akan menghabiskan data lebih besar. Setelah kompres selesai, cek ukuran file apakah telah sesuai. Selain itu, kamu harus membandingkan antara video sebelum dan sesudah kompres.

  1. Kompres lagi video hasil kompres

Bagaimana jika hasil kompres belum cukup karena pengurangan ukuran sangat kecil. Kamu ingin melakukan kompres lagi ke video tersebut. Pilhannya ada dua cara yaitu kompres ulang atau kompres video hasil kompres sebelumnya. Kompres ulang membuat kamu mengerjakan lagi pekerjaan dari awal. Sebaliknya, kamu dapat mengatur beberapa konfigurasi pada video hasil kompres dengan resolusi tetap dan prosesnya lebih cepat.

  1. Kompres dengan aplikasi lain

Jika kamu banyak waktu, install aplikasi kompres lainnya. Lakukan lagi langkah diatas dari awal. Kamu pilih setting, preferensi, dan estimasi ukuran file. Tentu saja, kamu harus familiar terlebih dahulu dengan fitur-fitur di aplikasi tersebut. Biasanya, proses kompres sangat to the point. Bandingkan lagi hasilnya dengan kompres di aplikasi lain. Jika kurang memuaskan, kamu ulang kembali. Trial dan error adalah umum di proses ini untuk menghasilkan setting yang optimal.

Melakukan kompress di smartphone mirip dengan PC dan laptop. Namun, hasilnya berbeda meskipun preferensi sama. Misalkan, kamu pilih resolusi 360p untuk smartphone dan hasilnya dijalankan di PC. Kamu masih akan melihat beberapa flaw pada graphic tetapi tidak akan kentara jika dimainkan di smartphone. Kualitas tetap dan tidak berubah ketika dijalankan. Itulah tadi cara kompres video di Android tanpa mengurangi kualitas, selamat mencoba.

Cara Kompres Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitas | admin | 4.5