Cara Membuat Nama atau Gambar di Termux

Tampilan software yang terkait dengan bahasa pemrograman seringkali tidak menarik. Biasanya hanya berupa layar hitam dengan berbagai huruf yang menunjukkan bahasa pemrograman. Bagi Anda yang menggunakan Termux, rupanya bisa dilakukan pembuatan gambar atau nama di aplikasi tersebut. Berikut ini cara membuat nama atau gambar di Termux.

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui tentang Termux, namun ada sebagian lain yang belum. Termux merupakan aplikasi dari terminal Linux yang dirancang untuk digunakan pada ponsel android. Aplikasi ini terbilang lengkap, karena dapat juga meng-install aplikasi lain menggunakan perintah yang serupa dengan terminal Linux di PC. Jika ingin mengunduh Termux, ponsel android Anda minimal harus sudah versi 5.0.

Selain Termux, ada juga aplikasi terminal Linux lain yang dapat diunduh dari Google Play Store. Aplikasi tersebut, seperti Terminal Emulator, AirTerm, dan Qute. Jika Anda sudah memasang Termux di ponsel dan membukanya, maka aplikasi tersebut akan otomatis menginstal paket. Proses penginstalan ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Setelah itu, lakukan pembaruan dan peningkatan Termux untuk mendapatkan paket-paket terbaru dari Termux.

cara membuat tampilan termux lebih menarik

Aplikasi Termux dibuat bukan tanpa fungsi. Fungsi dari Termux antara lain, dapat menjadi aplikasi editor berbasis terminal, SSH Client, menjalankan python, perl, hingga Wifiphiser. Sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan dengan Termux, semua bergantung pada kebutuhan Anda.

Membuat Tampilan Termux Menjadi Menarik

Agar tampilannya menjadi lebih menarik, dapat dibuat nama atau gambar pada Termux. Salah satu aplikasi untuk membuat tampilan Termux menjadi lebih menarik bernama Figlet. Cara memakainya pada Termux sebagai berikut.

Setelah Termux terpasang di android, lakukan penginstalan Ruby. Hal ini dikarenakan bahasa pemrograman yang dipakai Termux adalah Ruby. Untuk melakukannya, ketikkan perintah “pkg install ruby” pada Termux Anda.

Selanjutnya menginstal Gem Lolcat di Termux. Cara menginstalnya pun tidak sulit, ketikkan saja perintah “gem install lolcat” pada Termux.

Jika Gem Lolcat sudah selesai dipasang, saatnya memasang Figlet. Caranya juga mudah, yaitu dengan mengetikkan “pkg install figlet” pada Termux.

Untuk melakukan pengeditan pada file figlet, Anda harus memiliki file explorer/text editor sendiri. Lokasinya berada di “/data/data/com.termux/files/usr/etc”. Di lokasi tersebut akan ditemukan sebuah file bernama profile yang dipakai untuk menulis perintah ala Termux. Jika masih terdapat script, bersihkan semua script kemudian ketikkan “clear” kemudian “figlet “Good Morning””.

Sesuai dengan namanya, perintah “clear” berguna untuk membersihkan tulisan awal yang ada pada aplikasi Termux. Sedangkan perintah “figlet “Good Morning”” berguna untuk mencetak tulisan Good Morning di termux. Untuk membuat tanggal dan jam di header Termux, ketikkan saja perintah “date | lolcat”.

Perintah-perintah tersebut harus harus disimpan pada file bernama profile. Kalau ingin melihat hasilnya, tutup termux lalu buka kembali. Selain itu, bisa juga dengan buka sesi baru di Termux.

Huruf di Figlet juga dapat diubah-ubah gayanya sesuai dengan selera. Masih dalam file bernama profel, masukkan perintah contohnya “figlet -f digital.flf “Good Morning””. Perintah ini menampilkan gaya digital untuk Figlet pada Termux Anda. Terdapat 18 font Figlet yang bisa dipakai, berada pada lokasi “/data/data/com.termux/files/usr/share/figlet”. Huruf Figlat memiliki eksistensi .flf.

Ketika usai menambahkan perintah baru, jangan lupa untuk selalu menyimpannya. Lihat perbedaannya dengan membuka tab/sesi baru. Beberapa huruf dari Figlet yang dapat dicoba, seperti banner.flf, bubble.flf, lean.flf, script.flf, small.flf, smslant.flf, digital.flf, mini.flf, dan masih banyak lainnya.

Selain menggunakan Figlet, cara membuat nama atau gambar di Termux juga dapat dilakukan dengan cara berikut.

  • Pastikan bahwa dilakukan update dan upgrade pada Termux
  • Kemudian lakukan penginstalan Ruby dengan mengetikkan perintah “apt install ruby”
  • Dilanjutkan dengan menginstal Nano melalui perintah “apt install nano”
  • Lalu menginstal Cowsay dengan perintah “apt install cowsay”
  • Figlet juga diinstal dengan perintah “apt install figlet”
  • Setelahnya menginstal Toilet dan juga Gem Lolcat dengan perintah “apt install toilet” dan “gem install lolcat”
  • Jika semua sudah terpasang, ketikkan “nano /data/data/com.termux/files/usr/etc/profile” untuk masuk ke profile. Seperti pada langkah menggunakan Figlet, ketikkan “clear”.
  • Setelah itu ketikkan perintah-perintah berikut,

“cowsay -f eyes “Sleman Hacker” | lolcat”

“toilet -f standard “gudwadowlsky” -F gay”

“date | lolcat”

  • Untuk menyimpan, tekan ctrl + x lalu yes (y) dan enter .

Jika penasaran dengan hasilnya, buka sesi baru di Termux.

Sampai sini ulasan mengenai cara membuat nama atau gambar di Termux. Semoga bermanfaat, terlebih bagi Anda pemula aplikasi ini.

Pencarian Terkait :

cara membuat gambar di termux, cara membuat nama di termux, cara menampilkan gambar di termux, cara menggunakan termux untuk penulisn nama, cara menulis nama di termux, cara menyalin gambar dlm bentuk hurufdi termux, cara nama di termux, ara membuat nama kita di rermux, kode termux membuat tulisan nama, membuat gambar di figlet termux
Cara Membuat Nama atau Gambar di Termux | admin | 4.5