Cara Memutar Video Youtube di Background Android

Cara Memutar Video Youtube di Background Android-Mayoritas para pengguna YouTube mengakses video pilihan mereka dari android dibandingkan dengan PC. Namun permasalahan ketika mengakses video YouTube dari android adalah videonya tidak akan bisa dibuka kembali ketika sudah kembali ke Home Screen. Oleh karena itu, cara memutar video youtube di background android adalah trik yang harus anda ketahui, nah biasanya hal ini di lakukan bagi mereka yang ingin mendengarkan musik sambil mendengarkan lagu-lagu.

Youtube adalah media yang sering sekali dipergunakan pada era sekarang ini, lewat youtube wawasan kita akan dunia luar akan bertambah, sehingga bisa dikatakan bahwa sekarang ini youtube menjadi wadah video berbagi paling besar. Untuk itu bagi anda yang belum mengetahui mengenai bagaimana caranya agar bisa memutar video youtube pada background hp android, maka anda bisa mengikuti caranya seperti berikut.

cara memutar video youtube di background android

Cara Memutar Video Youtube Pada Latar Belakang Android

1. Memutar Video di Browser Google Chrome/Mozilla Forefox

Untuk bisa minimize video youtube di android, maka cara yang bisa digunakan yaitu dengan membukanya di laman browser, baik pada Google Chrome ataupun Mozilla Firefox. Namun yang harus diperhatikan bahwa browser yang digunakan haruslah browser versi terbaru atau minimal berada pada versi 54. Berikut tahapannya.

  • Buka YouTube Melalui Browser Bukan Aplikasi

Jika Anda tetap ingin menonton video dari Youtube walaupun sudah keluar dari laman, maka yang harus dilakukan adalah dengan membuka YouTube dari laman browser bukan aplikasi.

Laman browser yang digunakan tidak terpatok pada satu jenis. Anda bisa menggunakan browser yang sering digunakan seperti Mozilla fireFox ataupun juga Google Chrome. Setelah masuk ke laman YouTube, maka langsung pilihlah video yang ingin diputar.

  • Pilih Request di Menu Tab

Jika Anda sudah memilih video yang akan ditonton, langkah selanjutnya adalah menuju menu Tab. Menu Tab ini biasanya terletak di sebelah kanan atas layar dengan simbol titik tiga.

Setelah menemukan menu Tab, maka klik ikon tersebut dan pilh Request Desktop Site. Request Desktop Site ini akan merubah tampilan pada Youtube persis seperti tampilan pada  Desktop atau PC.

  • Keluar ke Tombol Home

Setelah Request Desktop Site  selesai dipilih, maka Anda bisa kembali menuju Home untuk menutup browser. Jika sebelumnya anda sudah mengklik play pada video pilihan, maka secara otomatis video akan tetap berlanjut walaupun sudah kembali ke Home Screen. Namun, jika video belum berjalan, maka Anda dapat menarik bar notifikasi pada Home lalu menekan Play.

2. Memutar Video di Browser Opera Mini

Opera Mini juga mendukung pemutaran video di background smartphone. Jika Anda membuka video Youtube menggunakan Opera Mini, maka video masih bisa dibuka walaupun sudah keluar dari laman Yotube.

Namun sebelum itu, Anda perlu mengatur beberapa hal agar video YouTube masih bisa dibuka ketika menuju Home Screen. Berikut langkah-langkahnya.

  • Download Aplikasi Opera Mini

Cara memutar video YouTube di background android juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Opera Mini. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mendownload aplikasi Opera Mini terlebih dahulu di PlayStore. Setelah Opera Mini terunduh, buka YouTube.com melalui server tersebut.

  • Pilih Video

Hampir sama seperti membuka YouTube di Mozilla FireFox atau Google Chrome. Untuk bisa memutar video YouTube dari background android, Anda juga harus memilih videonya terlebih dahulu.

  • Pilih Mode Desktop

Setelah video dipilih, maka langkah selanjutnya yaitu kembali ke layar utama browser Opera Mini dan ketuk lingkaran merah yang ada di bagian pojok kanan bagian bawah. Setelah itu klik menu Pengaturan, lalu klik setelan pengguna lalu pilih mode desktop. Setelah selesai, maka Anda bisa kembali lagi ke tombol Home dan menutup browser Opera Mini.

  • Buka Action Center

Setelah kembali ke layar utama smartphone, langkah selanjutnya yaitu dengan menswipe layar Home Screen dan mengklik tombol Action Center.

Di Action Center itulah, Anda bisa membuka video YouTube yang telah diklik sebelumnya di laman YouTube.com. Untuk membukanya Anda hanya perlu menekan tombol play yang tertera dan vidoe akan langsung berjalan dengan sendirinya.

  1. Menggunakan Aplikasi Youtube Premium

Untuk bisa mendukung kebutuhan para penggunanya yang ingin bisa melanjutkan video di YouTube walaupun sudah keluar menuju Home. Maka hadirlah YouTube Premium. Namun, tidak seperti aplikasi Youtube biasa yang bisa diunduh secara gratis. Anda harus membayar terlebih dahulu jika ingin mengunakan YouTube Premium ini.

Biaya berlangganan pada Youtube Premium ini bervariasi tergantung dari jangka waktu dan juga jumlah orang yang menggunakannya. Youtube Premium biasanya mematok harga sebesar Rp. 170 ribu per bulan.

Anda juga bisa berlangganan Yotube Premium ini bersama dengan anggota keluarga lain sehingga biayanya lebih murah. Untuk langganan keluarga hingga enam orang, biaya yang dikenakan yaitu sebesar Rp. 250 ribu per bulannya. Bagi Anda yang masih bingung cara menggunakannya, berikut penjelasannya.

  • Download Aplikasi

Untuk bisa menggunakan YouTube Premium, Anda bisa langusng mengunduhnya pada PlayStore. Dengan berlangganan pada YoutubePremium, Anda dapat menikmati berbagai konten eksklusif yang dihadirkan oleh YouTube. Selain itu gangguan iklan juga tidak akan Anda temukan disini.

  • Putar Video yang Diinginkan

Cara memutar video youtube di background android dengan menggunakan browser biasanya membutuhkan cara yang panjang. Namun jika menggunakan YouTube Premium, Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi dan memilih video yang diinginkan untuk ditonton.

Jika Anda kembali ke tombol Home Screen, maka secara otomatis video yang dipilih tadi akan tetap bisa diputar. Hal ini dikarenakan di dalam aplikasi YouTube Red  sudah disediakan fitur yang dapat memungkinkan penggunanya untuk memutar konten video di background.

4. Menggunakan Picture-in-Picture Pada Sistem Andorid Oreo

Bagi Anda yang smartphonenya sudah didukung dengan sistem android 8.0 Oreo maka berbahagialah! Ini dikarenakan sistem andorid Oreo telah mendukung tampilan otomatis dimana para penggunanya dapat langsung menyeret layar video pilihan mereka menuju layar Home Screen.

Hal ini bisa langsung dilakukan karena sistem android 8.0 telah menawarkan mode Picture-in-Picture yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai hal pada video yang mereka tonton seperti memperbesar video, mengakses Playback Control, hingga menyeret Video.

  1. Menggunakan Awesome Pop-up Video

Aplikasi Awesome Pop-Up Video ini juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang smartphonenya belum didukung oleh sistem android Oreo. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa menyeret video layaknya Picture-in-Picture seperti pada sistem Oreo.

Untuk melakukannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi ini, dan menggunakan fitur pencarian untuk memilih video yang diinginkan. Setelah video muncul, ketuk video lalu secara otomatis video ini akan muncul di tempat terpisah. Setelah itu, Anda bisa langsung menyeret video ke Home Screen.

Demikianlah beberapa cara memutar video youtube di background android yang bisa anda coba. Dengan mempraktekkan cara ini, maka Anda juga tidak akan merasa kesulitan jika ingin menonton video YouTube dari background android, karena bila dicermati lagi, cara-cara yang ditawarkan tergolong mudah. Semoga adanya informasi ini juga dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

Cara Memutar Video Youtube di Background Android | admin | 4.5