Cara Menambahkan Admin Lebih Dari Satu di Grup Whatsapp

Cara Menambahkan Admin Lebih Dari Satu di Grup Whatsapp – Anda tentu sudah tahu bahwa selain dapat berbincang satu lawan satu, Anda juga dapat mengobrol dengan banyak orang sekaligus dengan layanan pesan instan Whatsapp. Biasanya obrolan dengan banyak orang ini disebut dengan group chat atau chat group. Namun ada juga yang lebih sering menyebutnya dengan grup WA atau grup Whatsapp.

Di dunia Whatsapp, Anda dapat menjumpai berbagai macam grup dengan tujuan dan tema yang beragam mulai dari grup jual beli, grup komunitas, grup arisan, hingga grup alumni. Jika Anda tidak ingin repot-repot mencari grup yang berkaitan, Anda juga dapat membuat grup chat Whatsapp sendiri.

Apalagi cara membuat grup di WA juga sangat mudah dan cepat seperti menambah daftar kontak di telepon. Secara umum di grup tersebut terdiri dari admin dan anggota. Admin grup adalah orang yang memiliki kewenangan lebih dibandingkan anggota grup.

cara menambah admin grup wa lebih dari satu orang

Fungsi Admin Grup WA

Saat Anda membuat grup chat di WA, Anda secara otomatis akan menjadi admin di dalam grup tersebut. Anda sebagai admin memiliki beberapa otoritas untuk melakukan perintah tertentu. Tugas admin grup Whatsapp antara lain adalah menambahkan anggota baru ke dalam grup atau justru mengeluarkan seseorang keluar dari grup.

Untuk grup WA yang jumlah anggotanya tidak terlalu banyak dan anggotanya tidak terlalu aktif, khususnya jika anggotanya hanya teman – teman sendiri, menambah admin baru sepertinya tidak perlu. Cukup Anda sendiri yang menjadi admin sepertinya masih memungkinkan.

Sebuah grup chat di WA sampai saat ini dapat menampung hingga 256 pengguna. Jika Andamempunyai grup umum yang anggotanya terdiri dari banyak orang yang mungkin Anda tidak kenal sebelumnya seperti komunitas gadget, komunitas jual beli, atau komunitas kendaraan bermotor yang memiliki anggota hingga puluhan orang.

Admin di grup tersebut mungkin sering didatangi oleh para spammer yang ingin minta dimasukkan ke dalam grup. Selain itu, karena anggota grup ini terdiri dari berbagai kalangan, maka anggota grup juga rentan mengalami perselisihan. Oleh sebab itu, grup seperti ini memerlukan admin tambahan.

Baca juga :

Cara Jadi Admin Grup Whatsapp

Untuk menjadi admin di grup WA, ada syarat yang harus dipenuhi. Pertama, Anda adalah orang yang membuat grup tersebut. Ketika membuat grup, secara otomatis Anda akan menjadi adminnya. Sementara itu jika Anda sebagai anggota di suatu grup dan ingin menjadi admin, Anda dapat meminta pihak admin utama di grup yang bersangkutan untuk menjadikan Anda sebagai admin. Sampai saat ini, belum ada cara menjadi admin group wa tanpa persetujuan dari admin utama.

Cara Menambah Admin Baru di Grup WA Android

Bagi Anda yang ingin menambah admin baru di grup WA milik Anda, sebenarnya caranya sangat mudah. Apalagi fitur terbaru dari Whatsapp saat ini juga telah memperbolehkan grup memiliki admin lebih dari satu. Bahkan dalam satu grup semua anggotanya bisa saja dijadikan sebagai admin.

Tujuan utama mengapa admin di grup WA lebih dari satu adalah jika admin pertama tidak mempunyai akses nternet, kehabisan baterai smartphone, atau memiliki kesibukan lain untuk mengurus grup, admin yang lain dapat menggantikan tugas admin pertama tersebut. Untuk menjadikan seseorang menjadi admin di grup WA, berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat Anda lakukan :

  1. Pertama – tama, Anda tentu harus mempunyai sebuah grup WA di mana Anda menjadi admin di grup tersebut
  2. Masuk ke dalam grup tersebut kemudian klik pada nama grup. Masuk ke grup info. Anda dapat memilih salah satu kontak anggota grup yang akan dijadikan sebagai admin tambahan
  3. Pilih add (nama kontak) to grup admins
  4. Selanjutnya, nanti akan ada tanda grup admin warna hijau tepat di sebelah nama yang telah dipilih tadi
  5. Bila pilihan tersebut belum ada, maka Anda sebaiknya melakukan update Whatsapp secara manualdari website resmi Whatsapp secara langsung

Jika Anda ingin menambah admin baru di grup, Anda cukup mengulangi langkah – langkah di atas dengan cara memilih anggota yang berbeda di dalam grup untuk dijadikan admin. Jika Anda bertanya mengenai jumlah maksimal admin grup Whatsapp, jumlah admin tersebut saat ini tidak dibatasi dan menyesuaikan jumlah anggota di grup.Jadi Anda dapat menjadikan semua anggota grup sebagai admin.

Cara Menambah Anggota Grup Whatsapp

Salah satu hal yang menjadi kekurangan anggota grup chat di WA adalah tidak dapat menambahkan teman atau anggota baru tanpa seijin admin grup. Hal ini tentu cukup menyebalkan jika Anda harus menunggu sampai admin online dulu. Apalagi jika admin sedang kehabisan baterai atau kuota internet sehingga akan lama menunggunya untuk kembali aktif di grup Whatsapp.

Beruntung, saat ini pihak pengembang aplikasi Whatsapp telah menghadirkan fitur baru yang dapat mengatasi persoalan ini. Tetapi yang perlu dicatat adalah fitur tersebut hanya baru ditemukan di aplikasi beta Android dan juga iOs bersi 2.16.281 dengan sejumlah perbaikan. Untuk memasukkan anggota baru ke dalam grup WA tanpa admin, seseorang anggota harus mengirimkan Public Grup Invite Links.  Berikut ini adalah cara untuk menambah anggota grup melalui Public Group Invite Links.

  1. Update Aplikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada Whatsapp versi terbaru sudah dilengkapi dengan beberapa fitur baru dan sejumlah perbaikan layanan yang ada di dalamnya, termasuk dapat masuk ke suatu grup chat WA melalui invite link atau link undangan. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan update aplikasi WA terbaru

  1. Mengirim Undangan ke Anggota Baru

Untuk mengundang teman baru bergabung ke grup WA, Anda dapat mengirim invite link pada kontak yang ingin diajak bergabung masuk ke grup. Berikut ini adalah langkah – langkahnya :

  • Buka aplikasi WA dan jalankan di smartphone iOs atau Android Anda
  • Pilih grup yang ingin dibuat link invite untuk menambahkan teman ke grup
  • Setelah itu, pilih Group Info > Add Participant
  • Pilih Invite to group via link yaitu mengundang teman melalui tautan
  • Whatsapp nanti secara otomatis akan membuat link untuk mengundang teman ke grup
  • Langkah berikutnya, pilihlah salin tautan. Setelah itu, bagikan tautan melalui WA, email, BBM, atau bahkan media sosial seperti FB, Twitter, Google Plus, dll
  1. Menyetujui Undangan Untuk Bergabung di Grup

Setelah menerima invite link, orang yang diundang dapat mengklik link tersebut untuk melihat grup kemudian memilihh join group. Tetapi jika Anda menerima tautan undangan lewat forum, web, atau media sosial, Anda dapat menyalin tautan tersebut dan membukanya lewat mobile browser. Setelah itu klik join chat untuk masuk ke grup Whatsapp. Sejauh ini cara ini hanya dapat dilakukan untuk menambah anggota di grup, bukan sebagai cara jadi admin wa tanpa persetujuan.

Demikian sedikit informasi terbaru tentang menambahkan admin dan anggota grup Whatsapp tanpa persetujuan. Dengan link undangan tersebut, ini merupakan cara mengambil alih admin grup whatsapp dalam tugasnya untuk menambahkan kontak baru. Jadi walaupun bukan admin pun Anda dapat menambah anggota baru di grup , sekian dan terima kasih.

Pencarian Terkait :

cara membuat grup WA dan menambahkan admin pemasuk kintak teman
Cara Menambahkan Admin Lebih Dari Satu di Grup Whatsapp | admin | 4.5