Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti Atau Keluar Sendiri di Android

Cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri-Bagi anda yang memiliki smartphone android pastinya di hp anda tersebut terdapat banyak sekali aplikasi dengan bermacam fungsi, karena seperti yang kita tahu bahwa ponsel android ini bukan hanya sekedar alat komunikasi biasa, namun terdapat kegunaan lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan sehari hari.

Akibat terlalu banyak aplikasi atau game tersebut, maka para pengguna android kebanyakan pernah mengalami masalah aplikasi terhenti secara mendadak. Tentu itu sangat menjengkelkan apalagi ketika aplikasi tersebut sedang dijalankan. Adapun sebenarnya beberapa cara mengatasi aplikasi terhenti atau keluar sendiri di android.

aplikasi android keluar sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Android Terhenti Atau Keluar Sendiri

  1. Restart Handphone

Langkah atau cara mengatasi aplikasi terhenti yang pertama dan bisa dibilang paling mudah adalah dengan me-restart handphone. Cara ini menjadi yang paling sederhana untuk solusi aplikasi yang sebelumnya mengalami force close. Cukup matikan kemudian hidupkan kembali handphone kemudian buka aplikasi yang tadinya mengalami force close.

Kemungkinan besar notif eror tentang aplikasi telah berhenti akan hilang dan tidak muncul lagi setelah hp di restart namun jika masih kembali muncul berarti harus dilakukan dengan beberapa cara lain berikut ini.

  1. Hapus Cache

File cache merupakan file sementara yang tersimpan di dalam sebuah file aplikasi android. File cache di dalam suatu aplikasi android akan terus menumpuk dan bertambah setiap saat hal itu dapat menyebabkan aplikasi menjadi lemot saat digunakan dan nantinya dapat menimbulkan force close atau aplikasi terhenti dengan sendirinya. Maka dari itu file cache harus rajin dibersihkan atau dihapus dari aplikasi agar tidak terjadi force close.

Cara membersihkan cache dalam aplikasi android bisa dilakukan dengan cara menuju ke menu Pengaturan pada handphone kemudian pilih menu Aplikasi. Setelah itu pilih aplikasi mana yang akan di bersihkan cachenya tinggal pilih lalu tekan tombol Hapus Cache atau Clear Cache. Langkah tersebut merupakan cara manual untuk membersihkan cache namun sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa membersihkan sampah atau cache dalam sebuah aplikasi yang tentu akan membuatnya lebih praktis.

  1. Hapus Data

Jika dirasa menghapus file cache masih menimbulkan force close atau aplikasi terhenti maka langkah yang bisa dicoba selanjutnya adalah dengan menghapus file data aplikasi. Langkah ini menjadi salah satu solusi mengatasi aplikasi keluar sendiri di android. Caranya hampir sama dengan langkah menghapus file cache yaitu dengan masuk ke Pengaturan kemudian pilih menu Aplikasi kemudian pilih aplikasi yang akan di hapus datanya setelah itu pilih tombol Hapus Data atau Clear Data.

  1. Bersihkan RAM

Masalah RAM yang low menjadi salah satu penyebab aplikasi sering mengalami force close atau berhenti tiba-tiba. RAM sangat berpengaruh pada kinerja android yang dimana jika kapasitasnya penuh sesak maka hal tersebut akan sangat mengganggu performa android itu sendiri jadi akan banyak masalah yang muncul nantinya salah satunya aplikasi terhenti atau sering keluar sendiri saat sedang dijalankan.

Umumnya jika RAM berada di bawah kapasitas 1 GB maka harus segera dibersihkan agar tidak banyak menimbulkan gangguan dan gagal menjalankan aplikasi. Cara untuk membersihkan RAM di handphone android berbeda-beda namun pada umumnya cara membersihkan adalah dengan menekan tombol menu atau home kemudian akan muncul aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan untuk membersihkannya cukup menghilangkan ikon aplikasi tersebut atau kebanyakan handphone memiliki fitur tanda “ X “ yang fungsinya untuk menghapus aplikasi yang sedang berjalan secara otomatis.

  1. Update Aplikasi

Beberapa aplikasi yang terinstal mempunyai update berkala dari setiap developer aplikasi tersebut contohnya Instagram, WhatsApp, Facebook dan lain-lain. Dengan mengupdate aplikasi dapat menghilangkan masalah yang mengganggu proses kinerja aplikasi tersebut contohnya menghilangkan bug dan juga biasanya aplikasi yang belum di update juga dapat menyebabkan sering terjadi force close. Maka dari itu sering-sering mengupdate aplikasi secara berkala dapat menjadi solusi aplikasi yang sering terhenti dengan sendirinya.

Cara update aplikasi android cukup mudah yang perlu dilakukan adalah masuk ke dalam Google Playstore kemudian cari aplikasi yang akan di update kemudian pilih tombol update dan kemudian tunggu hingga proses update atau download selesai. Jika ada aplikasi yang sering terhenti coba cek tentang aplikasi tersebut di Playstore siapa tahu aplikasi tersebut memiliki update terbaru yang dapat menjadi solusi masalah force close.

  1. Matikan Aplikasi Yang Berjalan Pada Background

Banyaknya aplikasi yang berjalan di background android dapat menyebabkan aplikasi sering terhenti dengan sendirinya apalagi dengan adanya kapasitas RAM yang sedikit membuat performa android menjadi lelet dan biasanya timbul banyak masalah. Dengan mematikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan di background dapat menjadi solusi untuk masalah force close aplikasi.

Cara mematikan aplikasi yang berjalan di background cukup mudah cukup pergi ke menu Pengaturan kemudian pilih menu Aplikasi dan disana akan ada pilihan Running artinya aplikasi yang sedang berjalan. Pilih menu tersebut dan disana akan ada daftar aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Untuk mematikannya cukup dengan pilih aplikasi lalu tekan pilihan Berhenti/Stop dengan begitu aplikasi tersebut akan tidak berjalan lagi di background android untuk sementara waktu artinya aplikasi tersebut bisa kembali diaktifkan.

  1. Custom ROM

Salah satu cara ampuh untuk menangani aplikasi yang sering terhenti atau keluar dengan sendirinya adalah dengan meng-custom ROM. Ada banyak pilihan atau jenis Custom ROM yang bisa dipakai dan diterapkan di handphone android dan untuk handphone yang memiliki kapasitas dan RAM yang tidak terlalu banyak maka direkomendasikan untuk memilih Custom ROM yang ringan dan kompatibel dengan handphone android.

Untuk jenis Custom ROM dan cara menginstalnya bisa langsung cari tutorialnya di Google atau YouTube. Sudah banyak yang memberikan cara pemasangan Custom ROM yang baik dan benar jadi tak usah khawatir tidak bisa memasang atau menginstal Custom ROM di android.

  1. Upgrade OS Android

Kebanyakan aplikasi sekarang tidak kompatibel dengan OS android versi lama seperti Jellybean ataupun Gingerbread. Jika aplikasi tidak kompatibel dengan versi OS android maka dapat menyebabkan masalah force close aplikasi atau aplikasi yang berhenti berjalan tiba-tiba. Cara upgrade OS android merupakan solusi yang bisa diterapkan dalam mengatasi masalah aplikasi yang sering terhenti.

Handphone android dari berbagai vendor biasanya telah menyediakan sebuah pesan atau peringatan tentang update OS secara berkala. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah atau proses upgrade OS di masing-masing handphone android maka secara otomatis OS android akan terupgrade seperti yang sudah disediakan. Terapkan langkah ini sebagai salah satu cara mengatasi masalah aplikasi yang sering terhenti atau force close.

  1. Reset Factory

Jika cara-cara diatas masih juga belum berhasil mengatasi masalah aplikasi yang sering force close maka Reset Factory merupakan cara yang paling ampuh untuk solusi masalah tersebut. Reset Factory atau istilah lainnya adalah kembali ke pengaturan pabrik memiliki fungsi untuk mengembalikan seluruh data dan aplikasi ke pengaturan semula atau tampilan dimana handphone android pertama kali dijalankan.

Cara mengatasi aplikasi terhenti atau keluar sendiri di android yang satu ini terbilang cukup ampuh namun juga beresiko dimana seluruh file dan data dalam handphone akan hilang jadi sangat disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan Reset Factory. Untuk melakukan Reset Factory ada dua cara yang pertama lewat layanan di pengaturan handphone android dan cara kedua melalui hard reset yang dimana cara ini memerlukan beberapa media tambahan dalam prosesnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti Atau Keluar Sendiri di Android | admin | 4.5