Cara Mengatasi HP Android Mati Total Dengan Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Android Mati Total Menggunakan Baterai Tanam – Di era sekarang ini, kebanyakan perangkat ponsel pintar yang diluncurkan di pasaran hadir dengan baterai tandem atau baterai tanam seperti smartphone Oppo, Samsung, Lenovo, Xiaomi, Advan, dan berbagai merek smartphone lainnya. Dengan penggunaan baterai tanam, ketika perangkat smartphone benar-benar sudah kehabisan daya baterai, apalagi jika saat diukur dengan multitester arus yang terukur sudah di bawah 2,5, maka hal ini dapat menyebabkan perangkat menjadi mati total.

Jika sudah seperti ini, perangkat biasanya baterai tanam habis tidak bisa di charge karena itu sudah lebih dari batas arus terendah baterai smartphone. Yang menjadi pertanyaan, jika smartphone sudah terlanjur mati total karena kehabisan baterai, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Kali ini kita akan mengulas bagaimana cara untuk memperbaiki smartphone Android baterai tanam yang mati total. Jangan khawatir, cara yang dilakukan ini cukup mudah dan sederhana sehingga mudah untuk diikuti. Jadi Anda tidak perlu buru – buru membawa perangkat tersebut ke tukang service hp untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi HP Android Mati Total Dengan Baterai Tanam

Persiapan Cara Menghidupkan Hape Mati Total Baterai Tanam

Untuk melakukan proses pengecekan ketika Anda ingin mencari penyebab smartphone Android dapat menjadi mati, tentu Anda harus memiliki peralatan yang dibutuhkan. Smartphone Android mati bukan terletak pada masalah tentang arus daya voltase baterai yang sudah habis tetapi mungkin saja disebabkan karena adanya komponen baterai yang bocor atau short di bagian vbat. Kondisi ini dapat menyebabkan smartphone mengalami mati total.

Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Baterai Tanam

Untuk menganalisa mesin smartphone Android yang mati total, bahan – bahan yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Obeng +
  • Multitester analog atau digital
  • Timah dan solder
  • Power Suppy Baterai untuk pengganti tegangan baterai

Cara Menghidupkan Hp Android Baterai Tanam Mati Total Atau Hp Baterai Tanam Tiba Tiba Mati

Cara pertama yang harus dilakukan adalah buka baut yang menempel di bagian bodi perangkat smartphone tersebut. Pastikan bahwa smartphone Android yang mati tersebut sudah terbuka dan Anda hanya perlu mencabut atau membuka baterai yang menempel di bagian mesin. Untuk melepaskannya, Anda dapat menggunakan bantuan solder.

Baterai tanam yang digunakan pada smartphone ada yang menggunakan soket langsung. Tetapi ada juga baterai tanam yang memakai kabel biasa. Jika baterai tanam yang menempel di bagian mesin hp tersebut sudah bisa benar – benar terbuka, Anda hanya perlu mengambil perangkat multitester analog atau multitester digital.

Anda hanya perlu mengukurnya dari konektor baterai dengan bantuan multitester. Caranya, set multimeter analog di bagian x10. Setelah itu, sambungkan kabel multisterter positif ke bagian konektor baterai positif. Sementara itu kabel multitester negative disambungkan ke konektor baterai negative. Jika jarum pada multitester bergerak, ini adalah hal yang wajar karena hp Anda masih dalam keadaan normal.

Langkah selanjutnya adalah mengukur arah sebaliknya. Caranya, sambung kabel positif multitester ke konektor baterai negative. Sambung kabel negative multitester pada konektor baterai yang positif. Jika Anda mengukur dengan cara ini, jarum multitester seharusnya tidak bergerak. Tetapi jika ternyata jarum tersebut bergerak saat sambungan kabel positif multitesker ke konektir baterai bagian negative dan sambungan kabel negative multitester ke konektor baterai positif, ini merupakan tanda bahwa mesin hp tersebut mengalami kerusakan. Masalah tersebut bisa saja bocor arus, komponan hp ada yang bocor atau putus, atau shot

Langkah selanjutnya adalah menyalakan power supply. Setelah itu atur di tegangan 4 vol. Sambungkan kabel positif ke konektir baterai kabel positif. Kemudian sambung kabel negative ke konektor baterai kabel negative. Selanjutnya cukup tekan tombol Power. Bila ponsel dapat menyala, hal ini bisa disebabkan karena baterai yang kehabisan arus atau baterai tanam kehabisan daya.

Anda hanya perlu mengambil baterai yang telah Anda copot. Suntik dengan menggunakan power supply Baterai Set di 4 vol. Tunggu selama 5 – 10 menit kemudian pasang lagi. Nanti smartphone pun akan secara otomatis menyala.

Perbedaan Baterai Tanam Dengan Baterai Lainnya

Hal yang perlu diketahui adalah baterai tanam tidak sama dengan baterai smartphone lainnya. Perbedaannya, terletak di ujung nilai kuning positif dan negative yang berada di ujung rata – rata baterai terletak di posisi soket dan kuningannya. Baterai smartphone saat ini terdiri dari jenis removable dan juga non removable. Baterai tanam atau non removable menawarkan beberapa keunggulan yang menjadikannya sebagai pilihan utama para vendor smartphone dibandingkan menggunakan baterai biasa.

  • Daya Tahan Baterai Lebih Baik

Baterai tanam memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan baterai pada umumnya. Baterai tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan daya yang lebih baik. Ketika smartphone menggunakan baterai non removable, arus listrik yang berada di dalam baterai menjadi lebih efisien daripada baterai lainnya.

Bahkan daya baterai pada jenis baterai tanam dapat 2 kali lipat dibandingkan baterai biasa. Selain itu, baterai tanam juga memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyalurkan daya listrik ke seluruh komponen pada smartphone itu sendiri. Oleh sebab itulah kebanyakan smartphone saat ini menggunakan baterai tanam

  • Baterai Tanam Lebih Awet

Baterai tanam memiliki sifat pemakaian yang lebih awet sesuai dengan teknologi ponsel masa kini. Ketika baterai removable sudah sering drop, error, dan tidak mempunyai daya tahan, baterai tanam memiliki daya tahan atau waktu pakai yang lebih baik. Bahkan baterai tersebut juga tetap baik – baik saja meskipun sering diisi dayanya dengan charger yang memiliki tegangan listrik tidak stabil.

  • Desain Cantik dan Menarik

Selain menawarkan kelebihan dari segi efisiensi konsumsi daya listrik dan daya tahan yang lebih baik, baterai tanam juga memiliki peranan estetika dengan mengusung desain yang lebih baik. Hal ini membuat smartphone masa kini hadir dengan desain yang lebih tipis dan terlihat lebih elegan daripada sebelumnya

  • Tidak Perlu Membuka Casing Ketika Ingin Melepas Kartu SIM atau Kartu SD

Anda tidak perlu membuka casing ketika hendak membuka sd card atau sim card. Smartphone dengan baterai tanam hadir dengan desain yang lebih efisien dengan struktur slot kartu SIM dan kartu SD yang berada di luar. Cukup dengan menekan tombol, para pengguna smartphone sudah dapat dengan mudah membuka kartu SIM atau kartu SD ketika ingin menggantinya.

Baca juga :

Demikian langkah – langkah untuk mengisi daya baterai pada smartphone baterai tanam yang kehabisan daya , pastikan sebelum Anda melakukan tips diatas agar memperhatikan setiap bagian dari hal dan komponen apa saja yang diperlukan, agar ponsel android Anda pun bisa sembuh total kembali seperti sedia kala . akhir kata sekian dan terima kasih .

Pencarian Terkait :

cara memperbaiki hp mati total baterai tanam, cara memperbaiki hp android batre tanam yang konslet dan mati, hp xiaomi mati total baterai tanam, hp baterai tanam mati total, cara mwnyalakan hp lava x8pro yang mati batrei tanam, cara menghidupkan hp yang mati total baterai tanam, cara menghidupkan hp baterai tanam yang mati total, cara menghidupkan hp baterai tanam mati total, cara menghidupkan hp baterai tanam, cara menghidupkan hp advan yang mati total
Cara Mengatasi HP Android Mati Total Dengan Baterai Tanam | admin | 4.5