Cara Mengatasi Muncul Tanda Tanya Setelah Upgrade Mac

Mac memang seringkali diharuskan untuk di upgrade agar sistemnya tetap up to date dan bisa melindungi PC dengan lebih optimal dari hal-hal yang membahayakan seperti malware misalnya. Namun kadang terjadi masalah setelah Mac selesai di upgrade seperti munculnya tanda tanya. Untuk itu, kali ini kita akan membahas Cara Mengatasi Muncul Tanda Tanya Setelah Upgrade Mac. Sebenarnya upgrade Mac sendiri bukanlah merupakan proses yang sulit. Prosesnya sederhana dan tidak lama.

Untuk bisa upgrade Mac atau MacBook ke MacOS terbaru, kamu hanya tinggal download dan install update-annya. Prosesnya sama saja seperri kamu menginstal software yang ingin kamu gunakan. Namun masalahnya, tidak sedikit pengguna MacOS yang mengalami gangguan ketika menjalankan proses upgrade tersebut yaitu munculnya tanda tanya yang berkedip. Masalah ini sering muncul terutama pada pengguna Mac yang ingin update MacOS high ke Sierra.

Cara Mengatasi Muncul Tanda Tanya Setelah Upgrade Mac

Lalu apa penyebab munculnya tanda tanya berkedip tersebut? Berbahayakah? Bisakah diatasi?

Penyebabnya sendiri bisa jadi karena ada eror ketika proses instalasi berlangsung. Erornya juga bisa disebabkan karena berbagai hal. Bisa jadi karena koneksi internet yang lemah, atau ada masalah dengan konversi HFS+ ke APFS. Hal ini cukup sering terjadi pada MacOS high Sierra. Penyebab lainnya bisa saja terjadi karena berbagai hal yang tidak diketahui secara pasti. Namun ada juga kemungkinan penyebabnya ialah adanya kerusakan pada Hardisk.  Berbahaya atau tidaknya bisa dikatakan tidak berbahaya karena hal ini bukanlah error permanen. Error seperti ini bisa diatasi sendiri oleh pemilik PC jika yang eror adalah sistem Operasinya. Namun jika yang terjadi ialah hardisk yang rusak, maka mau tidak mau Mac harus diservice.

Cara Mengatasi Muncul Tanda Tanya Setelah Upgrade Mac?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi munculnya tanda tanga setelah kamu mencoba untuk upgrade Mac ke versi terbaru. Berikut diantaranya:

1. Kamu bisa me-restart atau mematikan Mac atau MacBook kamu. Namun karena dilayar hanya terdapat ikon tanda tanya berkedip, maka kamu harus memaksa mematikan Mac atau MacBook kamu dengan cara menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik sampai ia mati.

2. Selanjutnya, kamu bisa pilih opsi Recovery Mode. Cara masuknya, restart Mac kamu jika masih dalam kondisi hidup. Selanjutnya tekan tombol Command + R segera setelah kamu dengar suara Booting OS X. Selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu selama beberapa menut saja sampai recovery mode terlihat dilayar.

3. Kemudian, kamu bisa cek Pastisi Mac di Recovery Mode tersebut. Cek apakah ia masih ada atau tidak.

4. Jika masih ada, berarti tidak ada hal yang serius yang menjadi penyebab masalah munculnya tanda tanya tersebut. Biasanya masalahnya terjadi pada sistem Operasi di Mac-nya saja. Jika hal ini yang terjadi, kamu hanya tinggal melakukan instal ulang.

5. Namun jika ternyata Partisi Mac tersebut tidak kamu temukan, maka kemungkinan besar yang bermasalah adalah hardisknya. Bisa jadi hardisknya eror atau rusak. Jika ini terjadi, maka kamu harus mengganti hardisknya dengan yang baru agar Mac kamu bisa digunakan kembali.

Baca juga : Cara Mudah Membuka Software Mac Yang Error Unidentified Developer

Ketika terjadi masalah pada proses upgrade Mac, kamu tidak perlu panik karena hal tersebut bisa diatasi. Kamu bisa menggunakan Cara Mengatasi Muncul Tanda Tanya Setelah Upgrade Mac diatas. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkahnya dengan benar agar Mac kamu bisa berfungsi seperti sedia kala.

Pencarian Terkait :

tanda tanya dilayar macbook
Cara Mengatasi Muncul Tanda Tanya Setelah Upgrade Mac | admin | 4.5