Cara Mengatasi Safe Search Google Tidak Bisa Dimatikan

Posted on

Browsing melalui internet tidak bisa dihindari. Ada banyak keperluan yang mengharuskan orang-orang untuk browsing seperti memenuhi tugas atau mencari informasi yang dibutuhkan. Mesin pencarian yang biasa digunakan adalah Google. DI Google Anda dapat mencari banyak hal. Namun akhir-akhir ini pencarian Anda akan terbatasi. Hal itu disebabkan Kementerian Informasi dan Komunikasi menyarankan Google untuk mengaktifkan fitur Safe Search secara otomatis terutama jika ada orang yang mencari konten sensitif. Terkadang aktivasi fitur Safe Search malah membatasi Anda untuk mencari informasi yang Anda anggap penting. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara mengatasi Safe Search Google tidak bisa dimatikan dan menikmati proses browsing Anda.

Safe Search merupakan fitur yang disediakan oleh Google untuk mencegah adanya konten sensitif seperti konten vulgar untuk muncul di hasil pencarian. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya pengguna di bawah umur yang mencari konten-konten dewasa. Fitur Safe Search diaktifkan di perangkat laptop dan HP sehingga Anda tetap terlindungi.

cara mematikan safesearch on

Langkah Mudah Mengatasi Safe Search Google Tidak Bisa Dimatikan

Fitur Safe Search terkadang bisa membatasi proses pencarian informasi Anda. Agar hasil pencarian sesuai dengan apa yang Anda harapkan, Anda dapat menonaktifkan fitur Safe Search tersebut. Cara yang diterapkan dapat berbeda antara laptop dan HP. Berikut merupakan solusi untuk mengatasi Safe Search Google tidak bisa dimatikan.

  1. Melalui pengaturan Google di HP

Browsing melalui HP memang dirasa lebih praktis dan cepat. Anda tentunya membawa HP ke mana saja dan kapan saja. Aktivasi Safe Search di HP dapat diubah menjadi nonaktif. Hal yang perlu dilakukan adalah masuk ke aplikasi Google yang terpasang di HP Anda. Selanjutnya, tekan tanda tiga garis sejajar yang terletak di kanan bawah. Anda akan masuk ke halaman baru. Di halaman tersebut Anda akan melihat banyak opsi. Pilihlah opsi ’Settings’. Setelah itu, Anda akan melihat berbagai pengaturan yang diperlukan untuk memodifikasi aplikasi Google di HP. Gulir dan carilah opsi ‘Account and Privacy’. Dalam opsi tersebut, carilah opsi ‘Safe Search Filter’. Klik slider pada opsi tersebut. Apabila warnanya telah berubah menjadi abu-abu, maka tandanya fitur Safe Search sudah nonaktif.

Fitur Safe Search juga bisa diatur melalui aplikasi Google Chrome. Bukalah aplikasi tersebut. Di halaman awal, tekan tiga titik yang terletak di kanan atas. Selanjutnya, pilih opsi ‘Pengaturan’. Di halaman selanjutnya pilih opsi ‘Lanjutan, kemudian pilih opsi ‘Privasi’. Di halaman inilah Anda dapat menonaktifkan fitur Safe Search. Gulirkan sampai Anda menemukan opsi ‘Penelusuran Aman’. Geser slider sampai berubah warna abu-abu agar Safe Search menjadi tidak aktif.

  1. Melalui pengaturan web Google di laptop

Pengaturan fitur Safe Search di laptop berbeda dengan di HP. Untuk menonaktifkan fitur Safe Search di laptop, Anda dapat terlebih dulu mengunjungi halaman Google Preferences melalui google.com/preferences. Cookies harus tetap aktif ketika Anda telah selesai dari preferensi. Cookies berguna untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda terapkan di browser laptop. Di halaman preferensi, Anda akan melihat opsi ‘Aktifkan Safe Search’. Agar fitur tersebut tidak aktif, Anda cukup klik kotak yang ada di sebelah kiri opsi tersebut sehingga centang menghilang.

Anda lebih leluasa untuk mengubah pengaturan di laptop. Pengaturan lain yang dapat Anda terapkan adalah jika Anda ingin fitur Safe Search tetap aktif. Biarkan centang tersebut, lalu klik opsi ‘Kunci SafeSearch’. Selain itu, Anda juga bisa mengatur jumlah hasil pencarian di halaman hasil. Anda juga bisa mengatur ‘Hasil Pribadi’ sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Hasil pribadi akan membantu Anda dalam mencari konten yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

  1. Menggunakan VPN

Menonaktfikan fitur Safe Search melalui Google secara langsung terkadang tidak efektif. Ada saatnya mode Safe Search telah nonaktif, tetapi Anda tetap tidak bisa mengakses internet secara leluasa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat menggunakan cara lain berupa penggunaan VPN (Virtual Private Network).

VPN adalah salah satu teknologi yang dapat mempermudah Anda mengakses berbagai jaringan meskipun jaringan tersebut ditutup oleh penyedia lokal. Dengan menggunakan VPN, Anda tidak perlu repot untuk menonaktifkan fitur Safe Search. Cara ini cukup efektif dilakukan di berbagai perangkat. Anda dapat menggunakan VPN Opera Desktop untuk laptop. VPN ini dapat diakses secara gratis. Jika Anda menggunakan VPN Opera Desktop, biasanya akan muncul notifikasi berisi ‘Hasil eksplisit difilter dengan telusur aman’. Anda akan diberikan opsi untuk mempelajari lebih lanjut atau urungkan. Pilih urungkan agar hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang Anda cari.

Apabila VPN diaktifkan dan Anda memulai pencarian tanpa menutup browser, maka Anda akan mendapatkan Captcha sebagai bentuk keamanan. Lebih baik aktifkan VPN dalam keadaan browser tertutup. Jika ingin browsing lagi, bukalah browser tersebut. Aktivasi VPN saat browser terbuka, maka dikhawatirkan fitur Safe Search akan tetap teraplikasikan. Selain itu, Anda tidak akan menerima Captcha.

Kelebihan dalam menggunakan VPN Opera Desktop adalah Anda dapat membuka situs-situs yang telah diblokir khususnya oleh Kemkominfo. Untuk menggunakan VPN Opera Desktop, Anda tidak perlu daftar dan sign up. Pengoperasiannya juga gratis dan berlaku seterusnya. Apabila Anda ingin menerapkan VPN di HP, Anda dapat mencari di Google Play Store. Namun kebanyakan VPN untuk HP dipungut biaya. Jika Anda mendapatkan aplikasi VPN gratis untuk HP, fitur yang tersedia lebih terbatas atau pemungutan biaya muncul setelah penggunaan hari kesekian.

  1. Menggunakan browser Opera Mini

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan browser yang berbeda. Opera Mini adalah browser yang sangat direkomendasikan untuk menghindari fitur Safe Search yang terus aktif. Opera Mini merupakan browser yang cocok untuk segala merk dan tipe HP. Anda dapat memasang Opera Mini di HP Java, Symbian, BlackBerry, dan Android.

Anda dapat menggunakan Opera Mini versi 7 atau sebelumnya untuk mengakses internet di HP. Versi Opera Mini 7 dan sebelumnya sangat disarankan karena masih mampu menembus pemblokiran situs yang dilakukan oleh Kemkominfo. Anda bisa lebih leluasa untuk browsing ketika menggunakan Opera Mini versi 7 dan sebelumnya. Anda tidak bisa menggunakan versi yang lebih baru karena versi tersebut tidak memiliki kemampuan untuk menembus pemblokiran yang diterapkan oleh Kemkominfo.

Kekurangan dari cara ini adalah versi Opera Mini yang sangat lama membuat fitur-fitur di dalamnya tidak selengkap versi terbaru. Tampilan yang dimiliki juga berbeda jauh dengan versi Opera Mini terbaru.

Itulah solusi dan cara mengatasi Safe Search Google tidak bisa dimatikan. Cara ini dibagikan untuk membantu Anda yang benar-benar membutuhkan kecanggihan Google untuk memberikan informasi yang Anda butuhkan. Di luar hal tersebut, segala bentuk konten yang Anda cari merupakan tanggung jawab masing-masing individu.