Cara Mengatasi WiFi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internetan

Cara Mengatasi WiFi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internetan-Internet saat ini telah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Segala kegiatan manusia kebanyakan membutuhkan koneksi internet. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet telah mempermudah dan meringankan kerja. Untuk mendapatkan koneksi internet, Anda dapat menggunakan WiFi. WiFi memiliki kelebihan tersendiri yang membuatnya lebih disukai. Terkadang Anda akan menemui permasalahan saat menggunakan WiFi. Anda dapat menerapkan cara mengatasi WiFi bermasalah agar koneksi internet kembali normal.

WiFi merupakan teknologi yang berguna untuk menukar data tanpa perlu membutuhkan kabel. Penukaran data dilakukan dengan menggunakan gelombang radio yang dipancarkan melalui sebuah perangkat. WiFi memiliki jangkauan wilayah agar perangkat lain dapat menerima gelombangnya. Biasanya jangkauan wilayah WiFi tidak terlalu luas, hanya beberapa mil persegi. Selain itu, penempatan perangkat juga berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang diterima.

wifi terhubung tapi tidak bisa internetan

Cara Mengatasi WiFi Bermasalah

WiFi berhasil membantu banyak orang. Perangkat pemancaran gelombang WiFi disebut dengan router. Ketika router bermasalah, pasti banyak kegiatan yang akan terhambat. Jangan panik terlebih dulu. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa router tersebut. Terdapat beberapa langkah dalam mengatasi WiFi bermasalah yang harus dilakukan, antara lain.

  1. Posisi antena router

Antena berfungsi menangkap pancaran sinyal untuk diteruskan ke perangkat lainnya. Adanya masalah koneksi internet bisa disebabkan posisi antena router yang tidak tepat. Posisi antena router yang horizontal atau miring akan membuat pancaran sinyal menjadi kurang optimal. Pastikan antena router Anda sudah berdiri tegak. Posisi antena yang vertikal akan membuat pancaran sinyal menjadi horizontal dan tersebar merata. Gelombang sinyal akan lebih mudah terpancar ke seluruh ruangan dengan mudah.

  1. Cek posisi router

Posisi router yang tidak tepat dapat berpengaruh terhadap koneksi internet. Router berfungsi memancarkan gelombang ke perangkat lain di sekitarnya agar dapat digunakan mengakses internet. Oleh sebab itu, sebaiknya posisi router harus berada di tengah ruangan dan sekiranya dapat memancarkan secara luas.

Ketika WiFi bermasalah, periksalah posisi router yang digunakan. Posisi router yang seharusnya tidak digunakan adalah pojok ruangan karena tidak dapat menyebarkan sinyal dengan merata. Posisi yang dekat jendela sebaiknya dihindari karena sebagian sinyal akan keluar ruangan dan tidak bisa digunakan. Selain itu, jangan meletakkan router di lantai atau posisi yang lebih rendah dibandingkan posisi Anda. Untuk mengatasi WiFi bermasalah akibat posisi yang tidak tepat, Anda cukup mengubah posisi router. Setelah mengubah posisi router, cobalah koneksi internet.

  1. Cek penempatan router

Jika posisi router sudah benar, periksalah tempat Anda meletakkan router. Agar mendapat koneksi internet terbaik, letakkan router di ruangan yang sering Anda tempati untuk mengakses internet. Jangan letakkan router jauh dari ruangan atau kerumunan orang yang akan mengakses internet karena akan mengurangi kinerja pemancaran sinyal. Selain itu, adanya dinding atau lantai yang mengandung bahan logam, beton, atau semen akan mempersulit pancaran gelombang dari WiFi.

Apabila Anda mengakses internet dari WiFi yang letaknya jauh atau terpisah oleh bahan yang menghambat pancaran sinyal, Anda dapat memindahkan router menjadi lebih dekat dengan Anda. Cara mengatasi WiFi bermasalah yakni Anda harus mendekat ke router. Solusi tersebut dapat meningkatkan koneksi internet yang Anda terima.

  1. Tidak mendekatkan router dengan barang lain

Penempatan router yang berada di tengah barang dapat menghambat gelombang radio yang diterima atau akan dipancarkan. Hindari penempatan router yang berada di tengah himpitan barang besar seperti mebel. Letakkan router di tempat yang bebas himpitan dan mudah dilihat dari posisi manapun. Selain itu, adanya perangkat elektronik lain dapat mengganggu kinerja router. Contohnya adalah TV atau microwave yang menghasilkan sinyal elektromagnetik akan menurunkan pancaran sinyal WiFi.

  1. Memeriksa kekuatan sinyal

Penyebab WiFi bermasalah tidak hanya disebabkan perangkat keras yaitu router, tetapi juga dari sumber sinyal internet itu sendiri. Jika perangkat keras tidak bermasalah, Anda dapat memeriksa kekuatan sinyal. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk melihat kekuatan sinyal yang diterima oleh router Anda. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan adalah Amped atau Cloudcheck. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda menentukan tempat dan posisi terbaik untuk router karena dapat mengetahui bagian mana yang menerima sinyal terkuat. Jika memang sinyal yang diterima lemah padahal posisi router sudah benar, Anda dapat menghubungi pelayanan pelanggan terkait sinyal lemah.

  1. Melakukan speed test

Speed test bertujuan mengetahui kecepatan sinyal yang dihasilkan oleh sebuah router. Sebuah router bisa menghasilkan sinyal tetapi dalam kecepatan rendah. Anda dapat melakukan speed test pada koneksi WiFi dan koneksi kabel. Dari hasil yang didapatkan, periksalah hasil tersebut. Apabila keduanya lemah, Anda perlu mengadukan permasalahan WiFi tersebut kepada pelayanan pelanggan penyedia internet Anda.

  1. Mengatur perangkat lunak router

Agar koneksi bisa menjadi cepat, Anda dapat mengatur perangkat lunak router sebagai solusi selanjutnya. Agar dapat mengakses perangkat lunak tersebut, Anda perlu membukanya dengan IP yang dapat diperiksa di buku panduan atau bagian bawah router. Masuklah ke menu pengaturan perangkat lunak tersebut. Ubahlah channel frekuensi router berdasarkan pilihan yang tersedia. Umumnya terdapat 14 channel frekuensi router yang bisa dipilih. Terdapat 3 channel terbaik yang patut Anda coba, yaitu channel 1, 6, dan 11. Ketiganya merupakan channel yang memiliki gangguan paling rendah. Hal tersebut disebabkan jarang orang yang menggunakan channel 1, 6, dan 11 sehingga sinyal menjadi lebih lancar.

  1. Memeriksa pembaruan firmware

Firmware merupakan memori dalam perangkat keras yang berisi identitas perangkat tersebut. Firmware memiliki jadwal pembaruan yang mengikuti jadwal dari produsen router tersebut. Adanya permasalahan pada koneksi internet WiFi bisa disebabkan pembaruan firmware yang tidak dilakukan. Pembaruan firmware berfungsi mengurangi permasalahan dari perangkat lunak sebuah router. Apabila tidak dilakukan pembaruan, bisa jadi permasalahan perangkat lunak tidak bisa teratasi. Jangan lupa untuk terus memperbarui firmware untuk mencegah adanya masalah pada WiFi.

  1. Memeriksa router

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah kondisi router itu sendiri. Jika semua hal sebelumnya telah dicoba dan diperbaiki tetapi koneksi internet tetap buruk, maka Anda perlu khawatir sumber masalah ada di router. Anda dapat memeriksa bagian kabel yang mungkin terputus. Bagian dalam router juga patut diperiksa melihat kemungkinan adanya bagian yang rusak. Solusi untuk mengatasi permasalahan yang bersumber dari router adalah dengan mengganti router tersebut dengan yang baru. Apabila garansi masih tersedia, Anda dapat mengklaim garansi tersebut. Jika tidak, maka Anda harus membeli router baru. Cara lainnya adalah Anda dapat memperbaiki di tempat servis.

Baca Juga : Cara Mengatasi Paket Data Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Adanya penurunan kinerja WiFi akan membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, di atas merupakan beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam cara mengatasi WiFi bermasalah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah pada WiFi.

Cara Mengatasi WiFi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internetan | admin | 4.5