Cara Mengubah Hasil Scan Menjadi Satu File PDF

Cara Mengubah Hasil Scan Menjadi Satu File PDF-Mengubah Hasil Scan Menjadi Satu File PDF-Seiring dengan perkembangan teknologi, segala hal kini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan bisa menghasilkan hasil berkualitas tinggi. Seperti melakukan scan misalnya. Proses scanning yang merupakan proses menggandakan dokumen atau berkas dengan hasil yang berkualitas sama dan serupa dengan aslinya. Scan ini akan sangat membantu bagi Anda yang ingin menggandakan dokumen agar bisa sama persis dengan aslinya. Scan ini bisa dilakukan dengan perangkat tambahan yang biasanya jadi satu dengan perangkat print. Bahkan dengan kecanggihan teknologi dan inovasi yang ada saat ini, perangkat ponsel pun bisa digunakan sebagai perangkat untuk melakukan scan. Jika sudah hasilnya akan berupa file gambar. File ini kemudian bisa Anda gabungkan menjadi 1 di dalam file pdf. Berikut ini adalah cara mengubah hasil scan menjadi satu file pdf yang bisa Anda terapkan.

Saat melakukan scan sebuah dokumen, maka hasil yang akan Anda dapatkan adalah file dalam bentuk gambar dengan format jpg. Biasanya orang-orang melakukan scan dokumen untuk tujuan tertentu. Karena itu, ketika sudah jadi dalam bentuk file gambar, kebanyakan orang akan mengubahnya lagi dalam bentuk file pdf agar bisa lebih mudah dibaca dan bisa lebih ringkas. Namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu bagaimana caranya mengubah hasil scan dalam bentuk gambar itu menjadi file berbentuk pdf dan menggabungkannya menjadi satu dokumen.

Cara Mengubah Hasil Scan Menjadi Satu File PDF

Cara Mudah Mengubah Gambar Hasil Scan ke dalam Satu File PDF

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mengubah hasil scan menjadi bentuk dokumen berformat pdf dan menggabungkannya ke dalam satu file pdf, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Namun sebelum itu, pastikan komputer atau laptop yang Anda gunakan sudah menggunakan Microsoft Office terbaru, setidaknya sudah Microsoft Office 2010 atau seri ke atasnya. Jika sudah, berikut ini adalah cara mengubah hasil scan menjadi satu file pdf yang bisa Anda terapkan.

Cara Mengubah Hasil Scan Menjadi Satu File PDF  Melalui Software Microsoft Word

Cara pertama untuk mengubah file hasil scan ke dalam dokumen pdf dalam satu file adalah dengan menggunakan software Microsoft Word. Cara ini adalah cara paling mudah karena hanya menggunakan fitur yang ada di dalam Microsoft Word. Software ini pasti ada di setiap komputer, namun bedanya adalah versi berapa yang bisa digunakan untuk bisa mengubah dokumen menjadi bentuk pdf. Yang harus Anda garis bawahi adalah software yang bisa digunakan untuk mengubah file menjadi bentuk pdf ini setidaknya harus Microsoft Word 2010 atau seri di atasnya. Selain itu, atau seri di bawahnya tidak memiliki fitur yang memungkinkan untuk mengubah file ke dalam bentuk pdf.

Cara mengubah file hasil scan ke dalam bentuk pdf ini sangat mudah layaknya Anda membuat dokumen biasa dengan gambar di dalamnya. Caranya, pertama buka lembar kerja baru di Microsoft Word. Langkah selanjutnya, sisipkan gambar ke dalam dokumen yang Anda buat tadi. Klik menu Insert, lalu klik picture dan pilih gambar hasil scan yang akan Anda ubah ke dalam bentuk pdf tersebut.

Setelah memasukkan gambar ke dalam lembar kerja baru yang Anda buat tadi, selanjutnya tinggal atur dan sesuaikan ukuran maupun posisi gambar agar sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Apabila ingin menambahkan gambar yang nantinya harus ada di dalam satu dokumen pdf, Anda tinggal tambahkan gambar ke lembar kerja baru yang ada yang ada di bawah lembar kerja sebelumnya dan sesuaikan gambarnya seperti langkah sebelumnya.

Jika sudah mengaturnya dan Anda merasa tidak ada dokumen lain yang perlu ditambahkan, langkah selanjutnya adalah menyimpan dokumen yang sudah Anda buat tadi. Nah, disinilah bedanya. Jika umumnya Anda menyimpan dengan cara Save As + lalu pilih lokasi penyimpanan, kemudian ‘Save as type’ dipilih dalam bentuk doc. Atau docx. Untuk membuatnya dalam bentuk pdf, pada kolom ‘Save as type’ saat akan menyimpan, ubah format penyimpanan menjadi bentuk pdf. Jangan lupa untuk membuat folder baru tempat penyimpanan, terakhir klik ‘Save’ dan dokumen Anda pun siap.

Mengubah Hasil Scan Menjadi 1 File PDF Melalui Google Docs Online

Cara untuk mengubah gambar hasil scan menjadi satu file pdf selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Google Docs yang ada di dalam layanan Google. Layanan ini fungsinya sama seperti Microsoft Word namun dioperasikan secara online. Untuk bisa menikmati layanan ini pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail atau akun Google. Jika sudah punya Anda bisa membuka halaman Google Docs di laman https://docs.google.com. Setelah mengakses laman ini Anda akan diminta untuk login dengan menggunakan akun gmail Anda.

Saat Anda sudah masuk ke halaman utama Google Docs, langkah selanjutnya adalah buat dokumen baru. Caranya klik pada tombol tanda (+) berwarna merah yang ada di bagian bawah pojok kanan halaman. Tampilan yang akan muncul nantinya hampir sama dengan tampilan pada lembar kerja baru di Microsoft Word.

Setelah membuka lembar kerja baru di Google Docs, langkah selanjutnya adalah sisipkan atau masukkan gambat hasil scan yang Anda inginkan. Caranya, klik pada menu ‘Insert’, nantinya akan ada menu-menu lain yang muncul di bawahnya. Pilih pada menu ‘Image’. Setelah itu Anda akan melihat tampilan pilihan cara-cara untuk menambahkan gambar yang Anda inginkan. Akan ada pilihan Buka File ‘Drive’, ‘Dibagikan dengan Saya’, ‘Berbintang’, ‘Terbaru’ dan ‘Unggah’. Pilih opsi terakhir yaitu ‘Unggah’ atau ‘Upload’.

Apabila Anda klik pada menu ‘Upload’ selanjutnya Anda akan melihat tampilan dimana Anda bisa memilih file yang akan diupload. Klik pada menu ‘Pilih File dari Komputer Anda’ berwarna biru yang ada di tengah tampilan halaman. Selanjutnya upload semua file hasil scan yang ingin Anda ubah ke dalam bentuk pdf. Proses upload ini biasanya akan sedikit memakan waktu. Jadi tunggu sampai proses mengunggah atau upload selesai dilakukan.

Apabila proses upload sudah selesai biasanya gambar akan ditampilkan pada dokumen yang Anda buat tersebut. Kalau sudah, Anda tinggal merapikan ukuran dari file yang diunggah tersebut. Berikutnya, setelah Anda mengatur ukuran file gambar yang akan diubah tersebut, langkah selanjutnya adalah simpan dokumen yang sudah Anda buat tersebut.

Cara menyimpannya, klik menu ‘File’ yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan layar. Saat klik menu ‘File’ akan muncul sub menu lain di bawahnya. Temukan menu ‘Download as’ lalu pilih pada menu ‘PDF Document (.pdf)’. Langkah terakhir, simpan hasil kerja Anda tadi ke perangkat komputer dan proses mengubah file scan menjadi satu file pdf pun selesai.

Saat menyusun dokumen untuk kebutuhan tertentu, terkadang Anda membutuhkan dokumen yang harus discan. Dokumen yang dibutuhkan pun biasanya jumlahnya tidak sedikit. Karena itu Anda bisa menggabungkannya ke dalam satu file pdf dimana di dalamnya juga terdapat foto-foto hasil scan yang sudah dikompres ke dalam satu file pdf. Jika Anda belum tahu bagaimana caranya, penjelasan tentang cara mengubah hasil scan menjadi satu file pdf di atas bisa Anda coba. Cara tersebut tergolong mudah dan tidak membutuhkan aplikasi atau perangkat tambahan yang merepotkan.

Cara Mengubah Hasil Scan Menjadi Satu File PDF | admin | 4.5