Cara Menjalankan Pencarian NISN Lewat Nama Siswa Secara Online

Posted on

Pencarian NISN Lewat Nama Siswa Secara Online-Kemajuan teknologi semakin memudahkan berbagai aktivitas. Berbagai institusi memulai perubahan sistem agar bisa memanfaatkan teknologi yang ada, misalnya Kemendikbud. Kemendikbud membuat sebuah website yang di dalamnya dapat digunakan untuk memeriksa data seluruh siswa yang ada di Indonesia. Penelusuran data ini dilakukan dengan menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Cara menjalankan pencarian NISN lewat nama siswa secara online dapat dilakukan dengan mudah tetapi banyak orang yang masih bingung bagaimana caranya. Kita harus dapat memahami agar fasilitas yang telah disediakan oleh Kemendikbud dapat digunakan secara baik.

Kemendikbud memiliki data seluruh siswa di Indonesia, mulai dari jenjang SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), sampai SMA (Sekolah Menengah Atas). Identitas setiap siswa ditunjukkan dengan adanya NISN. NISN dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti melihat perkembangan siswa, pendaftaran ke perguruan tinggi, dan kesahan data siswa. NISN setiap siswa dibuat berbeda dan berlaku selamanya. Hal tersebut dilakukan agar data siswa dapat ditelusuri setiap saat. Apabila Anda membutuhkan metode ini, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Cara Menjalankan Pencarian NISN Lewat Nama Siswa Secara Online

Langkah-Langkah Mencari Data Siswa Menggunakan Nama atau NISN

  1. Mengakses situs resmi

Pemeriksaan NISN secara online dapat dilakukan melalui situs resmi yang telah disediakan oleh Kemendikbud. Langkah pertama adalah bukalah browser Anda. Anda dapat mengakses situs tersebut melalui HP atau PC sehingga browser dapat dibuka di semua perangkat. Situs yang harus dikunjungi adalah http://nisn.data.kemdikbu.go.id/page/data. Tuliskan alamat situs tersebut di address bar yang ada. Klik Enter dan tunggu sampai proses memuat halaman situs selesai.

Pada halaman tersebut akan muncul tampilan berupa tab dan kolom untuk memasukkan data yang diperlukan. Di sebelah kiri terdapat beberapa menu yang dapat dipilih jika Anda membutuhkan informasi lain. Situs ini merupakan situs resmi yang dibuat oleh Kemendikbud sehingga Anda tidak perlu khawatir data akan disalahgunakan.

  1. Pilih tab pencarian berdasarkan nama

Untuk menerapkan cara menjalankan pencarian NISN lewat nama siswa secara online, pilihlah tab Pencarian Berdasarkan Nama. Kolom yang ada pada tab tersebut adalah nama siswa, tempat dan tanggal lahir, dan nama ibu siswa yang akan dicari. Data tersebut harus diisi secara lengkap. Oleh karena itu, sebelum menggunakan fasilitas ini pastikan data yang diperlukan telah lengkap dan sesuai. Jika data tidak lengkap, Anda tidak bisa mencari NISN menggunakan nama siswa.

  1. Mengisi data sesuai kolom

Masukkan data sesuai kolom yang tersedia. Masukkan nama lengkap siswa yang akan dicari NISN-nya di kolom Nama Siswa. Selanjutnya masukkan data tempat lahir siswa tersebut di kolom Tempat Lahir dan tanggal lahir siswa di kolom Tanggal Lahir. Pemilihan tanggal lahir menggunakan sistem kalender sehingga Anda dapat langsung memasukkan data tanggal hanya dengan memilih dari kalender. Masukkan nama ibu siswa yang akan dicari NISN-nya di kolom Nama Ibu. Selanjutnya, klik Cari.

  1. Mendapatkan hasil

Pada halaman selanjutnya akan muncul hasil yang diinginkan dalam bentuk tabel. Dalam tabel tersebut terdapat data NISN, nama, jenis kelamin, tempat lahir, dan tanggal lahir. Hasil yang akan muncul merupakan hasil spesifik sehingga hanya akan muncul untuk satu orang. Anda tidak perlu bingung ketika membaca hasil yang ada. Data tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya untuk mendaftar perguruan tinggi atau nomor ujian. Lebih baik catatlah hasil yang muncul sehingga Anda tidak perlu membuka situs Kemendikbud lagi terutama di saat darurat.

Apabila Anda salah memasukkan data, maka hasil pencarian akan menunjukkan tulisan ‘No records to display’. Tandanya Anda salah memasukkan data sehingga tidak sesuai dengan database yang dimiliki oleh Kemendikbud. Kembalilah ke halaman sebelumnya. Masukkan data yang benar. Pastikan sekali lagi bahwa Anda tidak melakukan kesalahan dalam penulisan. Ulangi langkah nomor 3 dan lakukan dengan lebih teliti.

  1. Mencari berdasarkan NISN

Metode lain yang disediakan oleh Kemendikbud selain cara menjalankan pencarian NISN lewat nama siswa secara online adalah mencari data siswa berdasarkan NISN. Pilihlah tab menu Pencarian Berdasarkan NISN pada situs yang sama. Dalam tab menu terdapat 2 kolom, yaitu NISN siswa dan Nama Ibu Kandung. Data yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan mencari menggunakan nama siswa. Kekurangannya adalah Anda harus tahu NISN siswa tersebut dimana NISN merupakan kode yang unik dan tidak bisa ditulis sembarangan jika menginginkan hasil yang tepat.

  1. Masukkan data di kolom yang tersedia

Setelah mendapatkan data yang diperlukan, masukkan di kolom yang sesuai. Masukkan NISN di kolom NISN siswa dan masukkan nama ibu kandung siswa di kolom Nama Ibu Kandung. Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan agar hasil yang keluar sesuai dengan yang diinginkan. Setelah Anda yakin dengan apa yang ditulis dalam kolom tersebut, klik Cari. Tunggu beberapa saat sampai hasil muncul di halaman selanjutnya.

  1. Mendapatkan hasil

Apabila menggunakan NISN untuk mencari data siswa, hasil yang akan diperoleh antara lain NISN, nama siswa, jenis kelamin, tempat lahir, dan tanggal lahir. Hasil yang muncul hanya satu siswa karena NISN merupakan nomor yang unik dan hanya berlaku untuk satu orang saja. Gunakan data tersebut sesuai kebutuhan. Catatlah data yang ada dalam catatan fisik atau dalam HP untuk berjaga-jaga jika Anda membutuhkan data tersebut sewaktu-waktu. Mencatat data tersebut tidak akan membuat Anda kerepotan membuka situs Kemendikbud terutama di saat genting.

Jika hasil tidak muncul karena NISN salah, notifikasi yang muncul adalah ‘Notifikasi tidak ditemukan’. NISN yang tidak ditemukan mengindikasikan 2 hal, yaitu Anda salah memasukkan data atau NISN masih belum terdata. Jika Anda merasa NISN yang dimasukkan sudah sesuai, maka Anda dapat menghubungi layanan sistem NISN melalui telepon di nomor (021) 57905777 atau (021) 57904804. Sistem NISN akan membantu menyelesaikan permasalahan Anda sehingga Anda dapat melihat data yang diperlukan dengan menggunakan NISN.

Cara lain untuk mengatasi hal ini sebelum menghubungi Sistem NISN adalah menggunakan metode pencarian NISN melalui nama. Hal tersebut bisa dilakukan untuk memastikan bahwa NISN yang dimasukkan sudah benar atau belum. Namun, jika Anda tidak memiliki data yang diperlukan untuk menggunakan cara pencarian menggunakan nama, maka Anda dapat langsung menghubungi sistem NISN.

NISN sangat diperlukan untuk memenuhi beberapa tujuan. Data mengenai NISN bisa dilihat secara mandiri sehingga Anda tidak perlu lagi bingung untuk mencari data melalui sekolah. Adanya situs untuk memeriksa NISN akan membuat pencarian menjadi lebih cepat dan efektif. Adanya fasilitas ini sangat memudahkan banyak orang selama mengerti cara mencarinya salah satunya adalah cara menjalankan pencarian NISN lewat nama secara online. Langkah-langkah pada uraian di atas akan membantu Anda mencoba menemukan data siswa yang dibutuhkan sesuai dengan cara yang ingin diperlukan.