Cara Menyalakan HP Android yang Rusak Tombol Power

Cara Menyalakan HP Android yang Rusak Tombol Power-Handphone merupakan salah satu barang terpenting yang dimiliki orang-orang. Berbagai cara dilakukan untuk melindungi perangkat ini dari kerusakan, salah satunya dengan memasang pelindung. Akan tetapi, tidak selamanya cara tersebut efektif untuk mencegah kerusakan pada handphone. Salah satu bagian yang akan merepotkan Anda apabila mengalami kerusakan adalah tombol power. Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara menyalakan tombol power HP Android rusak. Untungnya, meskipun tombol power rusak, handphone masih dapat dinyalakan.

Tombol power handphone merupakan salah satu komponen yang esensial. Anda menggunakannya untuk menyalakan perangkat elektronik ini. Ketika tombol tersebut rusak, tentunya hal ini membuat penggunaan handphone menjadi sedikit rumit. Tapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan karena produsen handphone sudah merancang langkah-langkah alternatif untuk memudahkan pengguna yang menghadapi masalah ini. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyalakan handphone Android tanpa menggunakan tombol power.

cara menyalakan hp dengan tombol power rusak

Bagaimana Cara Menyalakan HP Android Jika Tombol Power Rusak?

  1. Menggunakan Benda Kecil untuk Menstimulasi Kunci

Apabila tombol power di handphone mengalami kerusakan biasa yang tidak mengganggu kunci di bawahnya, Anda bisa saja menggunakan benda berukuran kecil untuk menstimulasi kunci tersebut. Selain kecil, benda yang digunakan untuk mendorong kunci juga harus tipis. Anda dapat memakai jepit rambut maupun tusuk gigi untuk melakukan tugas ini. Tekanlah bagian kunci yang menonjol selama beberapa saat hingga handphone menyala. Cara ini perlu dilakukan dengan berhati-hati karena bisa merusak bagian internal handphone.

  1. Menghubungkan Handphone ke Perangkat Komputer dengan Kabel USB

Ketika tombol power handphone rusak dan kerusakannya sudah tidak bisa ditanggulangi dengan menggunakan benda kecil, metode ini layak dicoba. Hal yang dapat dilakukan adalah menghubungkan handphone ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB. Apabila baterai handphone berada pada titik nol, pengguna harus menunggu beberapa saat agar baterai terisi hinggal tingkat tertentu. Setelah itu, handphone biasanya dapat menyala dengan sendirinya. Akan tetapi, cara ini mungkin tidak akan bekerja pada semua handphone.

  1. Memanfaatkan Tombol Volume dan Home

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghidupkan handphone adalah menggunakan tombol-tombol fisik yang ada di handphone. Cara pertama yang dapat Anda coba adalah memanfaatkan tombol home dan volume. Beikut ini merupakan tahapan-tahapannya.

  • Letakkan satu jari di atas tombol volume sementara jari lainnya di atas tombol home.
  • Tekanlah kedua tombol tersebut dalam waktu yang bersamaan.
  • Jangan lepas tekanan terhadap dua botol tersebut sampai layar foto akan menyala.

Tidak selamanya cara tersebut akan dapat Anda gunakan. Di era modern ini, produk handphone terbaru semakin jarang dilengkapi dengan tombol-tombol fisik. Seringkali produk-produk smartphone yang baru dirilis hanya dilengkapi oleh satu tombol kontrol fisik, yaitu tombol volume. Berikut ini merupakan cara menyalakan handphone dengan hanya satu tombol ini.

  • Pastikan bahwa baterai handphone sudah terisi hingga level tertentu.
  • Tekan tombol volume selama beberapa saat.
  • Pada waktu yang bersamaan, hubungkan handphone dengan perangkat computer menggunakan kabel USB.
  • Lepaskan tekanan pada tombol volume setelah Anda melihat bahwa menu “Boot” sudah muncul pada layar handphone.
  • Arahkan pilihan pada “Start” menggunakan tombol volume untuk menyalakan handphone.
  • Handphone akan segera menyala.
  1. Menggunakan Android Debug Bridge (ADB)

Apabila menghidupkan handphone dengan tombol-tombol fisik bukanlah pilihan yang memungkinkan, Anda dapat mencoba Android Debug Bridge (ADB). Aplikasi ini memudahkan pengguna handphone untuk memberikan perintah-perintah yang kemungkinan kurang umum dijalankan dengan sistem yang biasa. Cara menyalakan tombol power HP Android rusak juga termasuk di dalamnya. Ikutilah tahap-tahap ini guna menghidupkan handphone menggunakan cara tersebut.

  • Unduh dan install program ADB ke dalam komputer Anda.
  • Tekan tombol volume ke atas maupun ke bawah (tergantung petunjuk dari produsen handphone) dan pada saat bersamaan menghubungkan handphone ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Ketika handphone sudah berada dalam kondisi Bootloader, maka lepas tekanan pada tombol volume.
  • Pada program ADB, jalankan perintah berikut ini “fastboot continue”.
  • Setelah pengguna menekan tombol “Enter” maka proses booting handphone akan dimulai dan handphone akan menyala.

Metode-metode yang telah dijelaskan di atas dapat diaplikasikan ketika handphone Anda sudah terlanjur dalam keadaan mati karena kekurangan daya. Apabila, handphone masih dalam keadaan menyala ketika tombol power mengalami kerusakan, langkah-langkah berikut dapat dicoba untuk mengatasi kondisi ini.

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Ponsel Menyala Tapi Tombol Power Rusak

  1. Memastikan Bahwa Handphone Cukup Daya

Apabila handphone masih dalam kondisi menyala saat tombol power rusak, hal yang sederhana yang bisa Anda lakukan adalah memastikan bahwa kebutuhan daya selalu terpenuhi. Ketika handphone kekurangan daya, secara otomatis ia akan mati dengan sendirinya. Pengguna handphone disarankan untuk rajin mengisi ulang baterai handphone dengan charger ketika daya baterai sudah hampir habis. Pastikan bahwa pasokan daya tidak kurang dari 10% ketika Anda mengisi ulangnya. Menggunakan power bank portabel juga disarankan apabila pengguna menggunakan handphone dengan intensitas tinggi dan sering berpindah lokasi.

  1. Menyetel Alarm Handphone

Cara ini dapat bekerja pada handphone tertentu. Yang perlu Anda lakukan adalah menyetel alarm handphone agar dapat menyala di waktu-waktu yang ditentukan secara teratur. Pengguna dapat menyetel alarm untuk berbunyi setiap satu jam sekali. Pada beberapa handphone, alarm akan menyalakan handphone yang berada dalam kondisi mati secara otomatis asalkan masih tersisa sedikit daya dalam baterai handphone. Ketika handphone dengan tombol power yang rusak kehabisan daya, Anda dapat mengisi ulang dayanya dan menunggu hingga perangkat menyala kembali. Kenali karakteristik handphone karena fitur ini tidak dapat dijumpai di semua produk handphone.

  1. Menginstal Beberapa Aplikasi Alternatif

Kemajuan teknologi memungkinkan adanya berbagai aplikasi yang memudahkan pengguna handphone untuk menyalakan perangkat mereka tanpa harus menggunakan tombol power. Ada program yang dapat memindahkan fungsi tombol power ke tombol volume. Program lain bahkan dapat menyalakan handphone secara otomatis saat pengguna mengangkatnya. Ada juga program yang memungkinkan pengguna untuk menyalakan handphone hanya dengan menggoyangkan perangkat. Instalasi aplikasi dapat dilakukan saat handphone masih dalam kondisi menyala. Teknik ini dapat menjadi alternatif untuk menghidupkan handphone Android ketika tombol yang didesain untuk menyalakannya tidak dapat berfungsi.

Berbagai cara yang sudah disebutkan di atas memang bisa menjadi cara alternatif untuk menghidupkan handphone Android tanpa perlu menggunakan tombol power. Akan tetapi, melakukannya terus-menerus tentu akan memberatkan. Alangkah lebih nyaman bagi Anda jika tombol power bisa segera diperbaiki agar dapat berfungsi dengan normal. Kunjungilah gerai reparasi terpercaya untuk memperbaiki tombol ini untuk mendapatkan hasil yang optimal. Semoga tips-tips yang berkaitan dengan cara menyalakan tombol power HP Android rusak dapat bermanfaat bagi Anda.

Pencarian Terkait :

cara menjumper tombol power yang rusak, cara on kan hp tombol power rusak, menghidupkan tombol power hp android menggunakan benda kecil
Cara Menyalakan HP Android yang Rusak Tombol Power | admin | 4.5