Cara Menyimpan Suara dari Google Translate di HP dan PC

Cara Menyimpan Suara dari Google Translate-Semakin canggih saja ya teknologi saat ini. HP yang dulu hanya berfungsi untuk komunikasi via telepon dan messaging, saat ini sudah semakin kompleks fungsinya. Ada fungsi hiburan di dalamnya, fungsi bisnis, dan juga fungsi edukasi yang salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google Translate untuk menerjemah.

Ya, saat ini banyak sekali kebutuhan akan teks berbahasa inggris baik untuk penulisan artikel, untuk kepentingan study, dan lain sebagainya. Cara konvensional adalah dengan membuka kamus dan mencarinya satu persatu. Capek? Iya. Boros waktu? sudah pasti!. Nah, bagi Anda yang berkutat di bidang penerjemahan, selain melengkapi kebutuhan dengan kamus, bisa juga nih mempermudah pekerjaan dengan aplikasi Google translate yang tersedia untuk smartphone dan PC.

Yang pasti, banyak sekali ya manfaat Google translate untuk kebutuhan sehari-hari kita. Lalu, gimana sih caranya menyimpan suara dari Google translate di HP dan PC? Simak ya!

cara menyimpan suara google translate

Nah, untuk menyimpan suara dari Google translate ada dua cara, yaitu dengan memakai aplikasi, atau tanpa menggunakan aplikasi. Mau pilih yang mana nih? Terserah kamu ya, mana yang paling mudah dan nggak ribet tentunya.

Menyimpan Suara Google Menggunakan Aplikasi

  1. Cek apakah kamu sudah memiliki voice translator di HP. Jika belum, unduh dulu ya di Play Store, gratis kok. Kamu hanya perlu waktu beberapa menit agar terunduh sempurna dan aplikasi pun siap beraksi. Bisa banget nih untuk melengkapi aplikasi smartphone canggih kamu.
  2. Kamu sudah punya aplikasinya kan sekarang? Next, sekarang saatnya mengoperasikan Google Translator-nya ya. Masukkan teks dalam bahasa Indonesia yang ingin diterjemahkan. Yup, tidak lagi perkata, tapi kamu bisa masukkan teks sekaligus dalam bahasa Indonesia, lalu klik tanda panah ke kanan, dan sebentar saja hasil terjemahan akan muncul. Sangat praktis dan tidak sulit.
  3. Selanjutnya, teks hasil terjemahan tersebut disimpan dengan cara memilih simbol share→share voice→membuka google drive. Yup, teks hasil terjemahan itu bisa kamu akses dengan mudah di Google Drive. Cari file terjemahan kamu lalu save, atau download langsung ke ponsel pribadi kalian ya.

Apakah memakai aplikasi terkesan ribet? Kayaknya nggak ya. Cukup dengan download aplikasi di Google Play Store, input teks yang mau diterjemahkan, lalu simpan di Google Drive, selesai!. Bisa kamu bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerjemahkan kata per kata di teks itu pakai kamus? Yang pasti kita bakal nggak sabar dan berakhir dengan pekerjaan terjemahan yang tidak sampai selesai.  Padahal deadline bisa jadi sejam lagi. Oh No!

Cara Menyimpan Suara Google Tanpa Menggunakan Aplikasi

Ada yang pakai aplikasi dan ada yang tidak. Kalau yang pakai aplikasi tadi sudah terbukti mudah ya cara mengoperasikannya. Nah, kalau yang tidak pakai aplikasi gimana? Sepertinya lebih mudah lagi ya Sobat. Gimana nih, caranya!

  1. Siapkan perangkat yang sudah terkoneksi internet. Buka browser apa saja boleh, lalu masuk ke situs soundoftext ya, jangan sampai salah alamatnya ya Sobat.
  2. Masukkan teks yang mau kamu translate dan segera hasilnya akan keluar dalam waktu singkat.
  3. Untuk memastikan semua teks sudah diterjemah dengan baik, coba klik Play untuk review. Dan, untuk download segera saja klik Download untuk menyimpan file yang sudah diterjemah.

Note: saat menggunakan aplikasi, teks yang dimasukkan tidak terbatas kata. Lain halnya saat kamu menerjemah via non aplikasi dimana teks yang di input jumlahnya terbatas sehingga harus melakukan proses penerjemahan beberapa kali. Nah, daripada repot, mending download aplikasinya langsung saja deh kayaknya.

Secara lebih rinci, berikut cara praktis menggunakan Google Translate dengan mudah dan siap dipraktikkan.

  • Langkah pertama, sobat bisa kunjungi Translate.google.com
  • Sampai di halaman situs tersebut, kalian bisa beraksi dengan memasukkan kata atau teks yang ingin diterjemahkan. Perlu di ingat ya, Google translate bukanlah penerjemah yang sempurna. Karena sekali lagi, Google translate adalah mesin yang menerjemah secara tekstual yang bisa jadi akan sangat tidak nyambung antara terjemahan kata satu dan yang lain. Walau begitu, tidak berarti Google Translate tidak memberikan keuntungan sama sekali. Setidaknya hasil terjemahan tersebut membantu kamu memahami konsep dasar yang ada pada teks tersebut. Dari situ, kamu bisa memberikan sedikit koreksi agar hasil terjemahan lebih smooth dan lebih masuk akal.
  • Teks yang kamu salin bisa berasal dari banyak sumber. Baik itu sumber yang langsung dari website, maupun sumber asli yang lain. Cukup dengan cara di block, di copy ke kolom yang ada di Google Translate. Teks siap di terjemahkan.
  • Nah, untuk tulisan latin non-simbol, kamu bisa gunakan simbol hand writing yang ada di pojok kiri berwarna merah. Tombol ini memiliki peran yang sangat penting dalam menerjemah teks yang tidak ada dalam jajaran huruf latin, sebab bentuknya simbol.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih bahasa yang digunakan untuk menerjemah. Ada memang Google translate yang secara otomatis mendeteksi apa bahasa terjemahan yang digunakan. Dan, jika tidak ada fitur pendeteksi secara langsung, kamu bisa pilih menu bahasa untuk memilih bahasa tujuannya.
  • Untuk bahasa non-latin, terlebih dahulu ketik simbol A yang akan mengubah bahasa bukan bahasa latin menjadi bahasa latin yang kemudian di terjemahkan ke dalam bahasa tujuan.
  • Kamu yang ingin mendengarkan gimana sih cara teks tersebut diucapkan, bisa nih tekan tombol listen untuk mendengarkan bagaimana kata tersebut diucapkan.
  • Untuk hasil terjemahan, lihat di kolom sebelah kanan. Untuk teks yang tidak otomatis di translate, cobalah tekan tombol translate untuk mengubah terjemahan itu ke dalam bahasa tujuan.
  • Hasil terjemahan bisa di simpan di phrasebook dimana simbol dari phrasebook tersebut ada di pojok kanan.  Ini adalah fitur yang berguna untuk menyimpan data teks hasil terjemahan yang kamu simpan dan akan digunakan di lain kesempatan.
  • Untuk mendengarkan terjemahan secara keseluruhan, ketik tombol listen untuk mengetahui ada tidaknya hasil terjemahan yang kurang pas. Setelah itu, jika di rasa ada yang kurang tepat, kamu bisa memperbaikinya dengan cara memasukkan kata atau kalimat ke dalam kolom dan menekan tombol Wrong di sebelahnya. Ini digunakan untuk memperbaiki teks jika ada kesalahan. Dan, untuk perbaikan terjemahan yang sudah kamu lakukan yang akan diterapkan di Google Translate, klik tombol

Terjemah saat ini sudah menjadi kebutuhan. Tidak hanya bagi kamu yang sedang menempuh study di level apapun, tetapi juga untuk bisnis dan kebutuhan yang lain. Dengan aplikasi Google Translate yang bisa kamu manfaatkan baik melalui HP maupun PC, pekerjaan menerjemah menjadi lebih mudah, lebih cepat dan menghemat waktu. Cara menyimpan suara dari Google translate di atas baik dengan menggunakan HP atau PC akan sangat membantu. Kamu bisa saving data dalam bentuk mp.3 atau data teks yang dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu.

Cara Menyimpan Suara dari Google Translate di HP dan PC | admin | 4.5