Cara Mudah Menambah Bahasa Indonesia Pada Custom ROM Android

Cara Mudah Menambah Bahasa Indonesia Pada Custom ROM Android – Sistem operasi android merupakan salah satu platfom buatan Google yang memuat berbagai layanan canggih didalamnya. Android juga termasuk platfom yang sering digunakan oleh berbagai merk perangkat smartphone dengan membawa pengaturan default-nya dari mulai pengaturan tampilan menu, koneksi internet, manage aplikasi dan masih banyak lagi termasuk juga penggunaan bahasa. Sejak awal, sebenarnya android sudah mengusung bahasa Indonesia dalam pengaturan defaultnya, namun terkadang kita suka mencoba memakai Custom ROM dari luar dimana dalam Custom rom tersebut memang masih belum punya bahasa Indonesia.

Jika dilihat dari segi tampilanya memang Custom Rom ini lumayan lebih bagus, selain itu fiturnya juga cukup lengkap dari pada stockrom, hal ini yang mungkin menjadi alasan tersendiri mengapa pengguna Android lebih suka menggunakan Cutom Rom dari pada stockrom. Akan tetapi dari berbagai pengguna android akan merasa dirinya susah untuk memakai Custom Rom sebab didalamnua tidak termuat bahasa Indonesia.

menambah custom rom bahasa indonesia

Nah permasalahan seperti inilah yang akan jadi tema bahasan kita kali ini yakni dengan cara menambah Bahasa Indonesia pada Custom Rom Android. Untuk melakukan hal tersebut, memang tidaklah mudah, mengapa? karena ada beberapa hal yang mungkin jadi bahan persyaratan buat kita agar memiliki hal-hal tersebut seperti backup data, paham cara decompile dan recompile. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan anda simak ulasan singkat dibawah ini.

Persiapan :

1. Pertama backup dulu data di perangkat android anda sebelum dioprek.

2. Anda mesti paham cara decompile serta recompile APK.

Cara Menambah Bahasa Indonesia Pada Custom ROM Android

1. Langkah pertama silahkan anda siapkan dulu framework-res.apk, siapkan dari rom yang memuat banyak bahasa khususnya indonesia.

2. Sesudah anda menemukan framework-res.apk yang cocok, kemudian anda buat tanda di apk tersebut, contoh framework-res-1.apk.

3. Kemudian anda lakukan decompile framework-res-1.apk

4. Selanjutnya Siapkan framework-res.apk yang bakal kita inject bahasanya, kemudian anda buat tanda di apk tersebut atau rename hingga menjadi framework-res-2.apk.

5. Setelah itu Decompile framework-res-2.apk

6. Berikutnya anda masuk ke hasil decompile framework-res-1.apk. Selanjutnya anda masuk ke folder res/ copy folder values-in serta values-rID

7. Jika sudah, silahkan anda masuk juga ke hasil decompile framework-res-2.apk, tempel atau paste-kan folder tadi yang di copy ke res/…

8. Selanjutnya anda lakukan Recompile framework-res-2.apk

9. Kemudian anda rename atau buat nama ulang dan siap buat di push

10. Selesai.

Cara ini juga bisa menambahkan bahasa lain pada aplikasi, seperti settings.apk yang masih belum memiliki bahasa indonesia, anda bikin folder values-in lalu copy file setrings.xml tersebut dari folder values pada folder values-in kemudian buka dan translate line-nya satu demi satu.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan kali ini mengenai Cara Mudah Menambah Bahasa Indonesia Pada Custom ROM Android. Semoga bermanfaat.

Pencarian Terkait :

cara fix bahasa indonesia, cara menambahkan bahasa pada custom rom, cara menambah bahasa indonesia di custom rom, download framework-res apk bahasa indonesia, cara tambah bahasa indonesia di custom rom, instal bahasa indonesia di custom rom, Cara menambah bahasa, menambah bahasa custom rom, cara tambah bahasa dicostom rom, Cara menambah bahasa indonesia ke room android
Cara Mudah Menambah Bahasa Indonesia Pada Custom ROM Android | wawan darmawan | 4.5