Cara Ngecas HP Android Cepat Penuh Kurang dari 1 Jam

Posted on

Tidak bisa dipungkiri jika ponsel merupakan salah satu kebutuhan dalam kehidupan. Alat komunkasi ini sekarang sudah sangat canggih dan bisa menyediakan sejumlah fitur yang bermanfaat. Tidak sedikit orang yang bekerja melalui ponselnya saja. Melihat dari kejadian tersebut, tidak heran jika baterai ponsel selalu dijaga supaya tidak kehabisan. Jika sudah menipis, banyak orang yang berharap jika baterai ponselnya bisa diisi secepat mungkin. Memang terdapat cara ngecas HP Android dengan cepat. Apakah hal ini mungkin dilakukan? Tentu saja sangat memungkinkan.

Android merupakan salah satu OS yang ponselnya laris diserbu masyarakat luas. Menghadirkan fitur-fitur yang bersaing dengan pesaing terberatnya, iOS, beberapa HP Android juga menyediakan fitur fast charging. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang menyukai fitur-fitur yang berguna tersebut, terlebih lagi jika memang Anda tidak bisa membiarkan ponsel lepas dalam waktu yang lama dari genggaman. Namun, bagaimana jika HP Android yang dimiliki belum memiliki fitur tersebut? Mari simak ulasannya berikut.

Cara Ngecas HP Android Cepat Penuh Kurang dari 1 Jam

10 Tips Supaya Baterai HP Android Cepat Terisi Penuh

Terdapat sejumlah cara supaya baterai ponsel Anda terisi penuh dengan cepat. Caranya tidak hanya dengan fitur fast charging saja. Beberapa cara yang akan dijabarkan berikut tidaklah sulit. Perhatikanlah kesemua cara yang akan diulas berikut.

  1. Jangan tunggu hingga 0%

Tidak sedikit dari para pengguna ponsel yang baru mengecas ponselnya saat sudah berada di kondisi yang sangat kritis seperti di bawah 10% bahkan mendekati 0%. Perlu diketahui bahwa hal ini tidak dibenarkan. Ponsel perlu dicas saat sudah berada paling tidak di angka 20%. Jika baterai sudah menunjukkan angka yang mendekati ambang batas tersebut, siapkan cas ponselmu segera dan segera cari sumber listrik terdekat. Jika berada di dalam ruangan, jangan tunda untuk sesegera mungkin mengisi daya baterai. Setelah charger sudah terpasang, jangan mainkan ponsel Anda.

  1. Menghindari bermain ponsel

Apakah Anda salah satu orang yang suka bermain ponsel meski sedang dicas sekalipun? Sejumlah orang memang tidak bisa jauh-jauh dari ponselnya. Maka dari itu, saat di cas pun, rasanya gatal sekali tidak mengecek pesan masuk dan lain sebagainya. Nyatanya, hal itu bisa mengakibatkan ponsel Anda makin lama mengisi daya baterai, padahal yang diinginkan justru sebaliknya. Bukankah demikian? Karenanya, hindari memainkan ponsel saat sedang dicas ya.

  1. Mematikan ponsel

Salah satu cara yang efektif untuk mempercepat pengisian daya baterai adalah dengan mematikan ponsel Anda. Mematikan ponsel berarti menghentikan semua aktivitas yang masuk dan keluar. Hal ini juga cukup efektif untuk Anda yang tidak tahan mengecek ponsel setiap menitnya. Umumnya, suhu ponsel pun akan mendingin jika dibandingkan pada saat dihidupkan sebelumnya. Memang sudah sangat biasa ketika suhu ponsel menjadi sedikit naik diakibatkan penggunaan dalam waktu yang lama.

  1. Gunakan mode pesawat

Jika Anda tidak ingin benar-benar mematikan ponsel, menggunakan mode pesawat bisa dicoba. Beberapa orang mungkin tidak sabar menunggu ponselnya hidup kembali jika ponsel tersebut dimatikan total. Maka dari itu, mode pesawat menawarkan fitur menghentikan semua aktivitas yang ada dan cara ini merupakan cara lainnya supaya ponsel cepat terisi penuh. Rasanya setiap ponsel pintar sudah memiliki mode yang satu ini. Anda hanya perlu mencarinya dan gunakanlah pada saat daya baterai ponsel sedang diisi.

  1. Hentikan aplikasi yang sedang berjalan

Cara ngecas HP Android dengan cepat yang satu ini untuk Anda yang tidak ingin mematikan ponsel. Meski begitu, Anda tetap perlu menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan di riwayat penggunaan aplikasi. Hal ini bisa membantu mempercepat pengisian baterai. Walau sudah menghentikan riwayat aplikasi, tetap tahan keinginan untuk memainkan ponsel supaya ponsel benar-benar bisa mengisi dengan cepat. Jadi, hentikan aplikasi berjalan dan tahan untuk tidak memainkan ponsel tersebut.

  1. Mengurangi tingkat kecerahan layar

Untuk mendukung beberapa cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan layar HP Android. Seperti yang sudah dijelaskan, Anda disarankan untuk tidak bermain ponsel saat sedang dicas. Karenanya, mengurangi tingkat kecerahan layar hingga ke tingkat terendah rasanya tidak ada salahnya. Jika Anda dalam ruangan tertutup pun, umumnya layar ponsel dengan tingkat kecerahan yang rendah tetap bisa terlihat. Jadi, tidak perlu ada yang dikhawatirkan dan Anda pun bisa mengecas dengan tenang.

  1. Gunakan mode menghemat daya

Mode menghemat daya atau power saving ini sudah banyak ditemui di HP Android. Lalu apa gunanya? Jika Anda ingin pengisian daya baterai semakin cepat, mengaktifkan mode menghemat daya ini bisa menjadi salah satu cara yang lain. Mode ini biasanya sudah otomatis akan merendahkan tingkat kecerahan layar serta menghentikan pembaruan, mematikan penggunaan lokasi, dan lain sebagainya. Fungsi utamanya yakni mengurangi performa ponsel sehingga bisa lebih menghemat baterai. Karenanya, fitur tersebut bisa digunakan untuk menghemat baterai lebih lama.

  1. Perhatikan tegangan listrik

Pasti sudah tidak asing lagi melihat segelintir informasi yang ada pada kepala charger, bukan? Perlu diketahui bahwa informasi tersebut bukanlah informasi yang tidak berguna. Informasi tersebut jelas bermanfaat untuk menunjukkan tegangan listrik yang bisa diterima ponsel. Maka dari itu, perhatikan tegangan listrik supaya sesuai. Ketahuilah bahwa tegangan listrik yang tidak sesuai bisa merusak baterai jika dibiarkan terus-menerus.

  1. Cas langsung ke stop kontak

Beberapa orang mencoba menambahkan daya baterainya dengan cara mengecasnya melalui kabel USB ke computer dan laptop. Meski hal ini bisa dilakukan, cara tersebut tidaklah dianjurkan. Ada baiknya langsung mengecas HP Android Anda langsung ke stop kontak supaya daya baterai lebih cepat terisi. Langsung mengecas ke stop kontak bisa dibilang sebagai cara yang lebih efektif dibanging dengan kabel USB.

  1. Gunakan charger orisinil

Terkadang, charger ponsel tidak awet sehingga memaksa pengguna ponsel untuk membeli yang baru. Berangkat dari itu, tidak sedikit para pengguna ponsel membeli charger yang tidak orisinil dikarenakan biaya. Memang yang tidak sesuai biasanya lebih murah. Namun hal ini seharusnya tidak dijadikan alasan karena charger  yang tidak sesuai atau orisinil bisa membuat ponsel Anda rusak. Oleh karena itu, upayakan untuk mengecas HP Anda hanya dengan charger orisinil saja.

10 cara ngecas HP Android dengan cepat yang telah dijelaskan di atas perlu Anda coba. Sebagai tambahan, ada baiknya melepas casing ponsel saat mengisi baterai, terlebih lagi jika casing yang digunakan terbuat dari metal atau bahan-bahan yang bisa menghantarkan panas. Jika Anda lepas, suhu bisa kembali dingin dan daya baterai bisa terisi dengan cepat. Sekali lagi, jangan mainkan ponsel dan gunakan sejumlah fitur untuk menunjang pengisian cepat. Demikianlah sejumlah cara yang bisa membantu supaya pengisian daya baterai bisa lebih cepat dilakukan. Selamat mencoba.