Perbedaan Aplikasi Spotify dan Joox

Perbedaan Aplikasi Spotify dan Joox – Saat ini aplikasi streaming musik memang sedang banyak diminati. Pasalnya, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengunduh lagu yang disukai atau ingin didengar karena semua telah disediakan oleh aplikasi musik online tersebut. Ada banyak sekali pilihan aplikasi streaming musik yang sudah tersedia di tolo aplikasi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari sekian banyak aplikasi streamingmusik yang ada, aplikasi Spotify dan Joox Music menjadi pilihan aplikasi streaming musik online yang paling populer, khususnya di Indonesia.

Keduanya menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendengarkan lagu – lagu favorit secara online. Bagi Anda yang berniat untuk mengunduhnya, Anda mungkin merasa cukup kebingungan untuk memilih manakan aplikasi yang lebih baik dari kedua aplikasi tersebut. Untuk itu, kali ini kita akan mengulas perbandingan atau perbedaan antara Spotify dan Joox. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, Anda tentu dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing dari kedua aplikasi tersebut. Penasaran ingin segera mengetahuinya? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Perbedaan Aplikasi Spotify dan Joox

Joox vs Spotify Kaskus: Joox Usung Antarmuka yang Lebih Menarik

Jika dilihat dari segi tampilan interface atau antarmuka, tampilan yang disuguhkan oleh Joox Music bisa dibilang terlihat lebih menarik. Sementara itu Spotify memiliki tampilan yang lebih sederhana namun tetap terkesan elegan. Hal ini karena Spotify memang lebih mengutamakan kemudahan dan kesederhanaan dalam penggunaannya. Tetapi Joox juga memiliki kelebihan di mana para pengguna dapat mengganti tampilan aplikasi tersebut dengan cara download tema yang telah disediakan oleh Joox.

Adanya tema yang dapat diganti ini mungkin merupakan hal yang menyenangkan bagi para pengguna smartphone yang perangkatnya memiliki kapasitas memori yang cukup lega. Tetapi bagi para pengguna yang memiliki smartphone low end atau kapasitas memorinya terbatas, hal ini tentu sangat memberatkan. Pasalnya pengoperasian aplikasi Joox akan menjadi lebih berat. Jadi, hal ini dapat dikembalikan lagi sesuai dengan preferensi Anda

Joox vs Spotify 2018: Perbedaan Cara Mendaftar Member Baru

Sebenarnya baik Spotify dan Joox sama – sama memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk hal yang satu ini. Pasalnya keduanya tidak mewajibkan penggunanya untuk memasukkan nomor kartu kredit seperti yang terjadi pada pendaftaran Apple Music. Untuk menjadi member di Spotify atau Joox, ada beberapa cara yang dapat dipilih. Untuk Spotify, pilihan yang tersedia adalah pendaftaran melalui Facebook dan email saja. Sementara itu di Joox Anda dapat mendaftar dengan We Chat, Facebook, atau menggunakan email sehingga Joox menawarkan lebih banyak opsi

Joox Tawarkan Kategori Musik yang Lebih Banyak

Berbicara mengenai katalog musik yang disediakan, kedua aplikasi tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda. Tetapi Joox menawarkan pilihan genre yang lebih banyak di mana Anda dapat memilih dangdut dan pop sunda. Tetapi untuk Mood, aplikasi Spotify menawarkan pilihan yang lebih banyak karena Anda akan menemukan banyak pilihan lagu yang dapat disesuaikan dengan keadaan para penggunanya

Tetapi hal yang perlu Anda ketahui adalah Spotify telah mengklaim bahwa dirinya sudah mempunyai 30 juta lagu lebih yang dapat didengarkan oleh para penggunanya secara online. Sedangkan untuk Joox Music baru menawarkan 5 juta lagu saja. Ini sebenarnya adalah hal yang wajar mengingat Joox merupakan aplikasi yang tergolong baru sedangkan Spotify adalah pemain lama.

Joox vs Spotify Quality Sound

Dilihat dari segi kualitas suara, Joox maupun Spotify sama – sama mengusung pengaturan kualitas musik yang bisa diatur oleh para penggunanya dari menu pengaturan. Aplikasi Joox Music bisa dikatakan lebih ramah bagi para pengguna internet. Pasalnya, aplikasi ini mampu mengatur kualitas suara ke kualitas low, medium, atau high. Tentunya hal ini akan membantu menghemat data yang digunakan untuk streaming musik. Sementara itu pengaturan suara pada aplikasi spotify telah disesuaikan secara otomatis dengan kualitas internet milik penggunanya

Sinkronisasi Antar Perangkat

Tidak dipungkiri bahwa fitur sinkronisasi merupakan fitur yang kehadirannya wajib untuk setiap layanan streaming musik online. Hal ini karena para pengguna mungkin akan menggunakan perangkat yang berbeda seperti PC, notebook, dan juga smartphone. Untuk mendukung mobilitas tersebut, baik Spotify maupun Joox sudah didukung oleh fitur yang satu ini. Tetapi untuk sinkronisasi, aplikasi Spotify lebih unggul. Pasalnya cukup dengan download lagu di perangkat PC atau desktop, Anda sudah dapat langsung mengontrol lagu yang telah diunduh tadi dan mendengarkannyaa di perangkat smartphone.

Fitur menarik yang diusung oleh Joox dan Spotify adalah semua lagu yang ada di akun Anda akan secara otomatis tersimpan di semua perangkat. Hal ini akan membuat Anda tidak mengalami kerepotan meskipun menggunakan perangkat lain, asalkan login menggunakan akun yang sama karena daftar putarnya sudah disesuaikan dengan akun Anda

Layanan VIP dan Premium

Untuk layanan yang satu ini, Spotify maupun Joox sama-sama sudah menyediakan akun trial gratis. Keduanya memberikan layanan spesial bagi para pengguna barunya. Pengguna baru Joox dapat menikmati layanan VIP gratis dalam waktu 1 bulan. Sedangkan Spotify menawarkan layanan premium selama 1 minggu untuk pengguna baru. Kelebihan spotify premium adalah pengguna dapat mendengarkan semua pilihan lagu yang ada, dapat mengatur suara ke kualitas yang lebih baik, dan dapat download lagu. Jadi ketika ada yang bertanya apakah spotify bisa offline, jawabannyaa adalah bisa tetapi harus menjadi member premium.

Pada aplikasi Spotify jika layanan gratis sudah habis, para pengguna masih dapat melakukan streaming lagu. Tetapi konsekuensinya lagu tersebut akan terjeda oleh iklan saat streaming lagu. Sedangkan bagi para pengguna Joox, Anda sudah tidak dapat melakukan streaming lagu yang berlabel VIP lagi. Selain itu, fitur download lagu juga sudah tidak dapat digunakan. Tetapi secara umum pengguna aplikasi Joox masih beruntung karena mereka dapat menikmati layanan VIP secara gratis dalam 1 hari. Caranya adalah membagikan lagu yang sedang Anda dengar ke media sosial seperti Facebook atau WeChat.

Joox Usung Lebih Banyak Fitur Tambahan

Spotify perlu mengakui bahwa Joox lebih unggul dalam hal ini. Hal ini karena aplikasi Joox menawarkan sejumlah fitur menarik seperti DTS yang dapat meningkatkan kualitas suara. Namun fitu yang tersedia  tersebut tidak dapat dinikmati secara gratis. Para pengguna wajib membayar sebesar Rp 15 ribu per bulan. Tetapi untuk pengguna yang masih baru, Anda dapat mencoba fitur tersebut secara gratis selama 1 bulan. Dari Joox sendiri juga sudah mempunyai penghitung waktu sehingga hal ini memungkinkan para pengguna untuk mengatur kapan mereka akan menggunakan dan mematikan aplikasi ini. Fitur tersebut akan sangat membantu ketika pengguna ingin memutar lagu sebelum tidur. Selain itu, Joox juga mempunyai fitur lirik yang bisa muncul setiap Anda mendengarkan lagu.

Perbedaan Aplikasi Spotify dan Joox | admin | 4.5